Bawaslu Lamsel Gandeng Media Dalam Pengawasan Pendaftaran dan Verifikasi Partai Politik Peserta Pemilu

Avatar
KALIANDA –  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lampung Selatan Mengadakan Rapat Koordinasi Pengawasan Pendaftaran dan Verifikasi Partai Politik peserta pemilu bersama para Media. Kamis, (13/10/2022).
Ketua Bawaslu Hendra Fauzi, bahwasannya proses verifikasi administrasi partai politik akan berakhir pada hari ini. Selanjutnya, proses verifikasi faktual partai politik akan dilaksanakan per tanggal 15 Oktober sampai dengan 4 November 2022, kata Hendra dalam rapat koordinasi pengawasan pendaftaran dan verifikasi partai politik peserta Pemilu di D’Sas Cafe and Resto.
“Tentu proses ini perlu kita awasi dan kawal dengan baik, saya harap teman-teman bisa membantu kami dalam proses pengawasan. Karena seperti yang kita ketahui, Bawaslu membutuhkan sumber daya yang banyak di internal Bawaslu,” katanya.
Bawaslu juga bekerjasama dengan organisasi kemasyarakatan, serta organisasi kepemudaan dan salah satunya media massa.
“Media adalah bagian yang penting bagi kami, untuk bisa mengawasi demokrasi di Lampung Selatan. Karena bagaimanapun juga, banyak penanganan kasus pelanggaran di Lampung Selatan baik tentang netralitas ASN, money politic ataupun lainnya termasuk tentang administrasi itu ada sentuhan dari media massa yang ada di Lampung Selatan,” imbuhnya.
Hendra mengakui, tidak begitu banyak tahu tentang kejadian di ruang-ruang privat yang ada di wilayah desa. Namun, pihaknya bisa mengetahui dan menelusuri dengan baik suatu kejadian dikarenakan ada peran media yang membantu menyampaikan informasi.
“Maka hari ini, kita akan melaksanakan start Pilkada serentak 2024. Karena 2 hari lagi akan dilaksanakan verifikasi faktual, kami sekali lagi meminta kembali bantuan kepada seluruh media di Lampung Selatan untuk bisa ambil bagian dalam mengawas.” (*)