Daerah  

Pemdes Siringjaha Salurkan BLT-DD Tahap II

INFOBERITA.ID
Pemdes Siringjaha Salurkan BLT-DD Ekstrem Triwulan Tahap II tahun 2023

LAMPUNG SELATAN-Pemerintah Desa (Pemdes) Siringjaha Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Kemiskinan Ekstrem Triwulan Tahap II tahun 2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Sidomulyo Erman Suheri, S.E, Kepala Desa Siring Jaha Rusli, pendamping kecamatan Rasiman, Babinsa dan Bhabinkamtibmas seluruh Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kades Siringjaha, Rusli mengatakan sasaran penerima BLT Dana Desa 2023, yaitu KPM yang tergolong miskin ekstrem. Pemerintah pusat sendiri memberikan keleluasaan kepada pemerintah desa setempat melalui Kelurahan dan Kecamatan, untuk menentukan dan memberikan BLT Kemiskinan Ekstrem 2023.

“Diberikannya BLT ini melalui proses dan tahapan tahapan yang sudah ditentukan sudah ada Ferivikasi sebelumnya dan dinilai layak,” ujarnya, Jum’at (26/05/2023).

Dia menambahkan, adapun kriteria penerima manfaat BLT dana desa ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 190/PMK.07/2021 tentang Pengelolaan Dana Desa, pada tahun 2022. Keluarga miskin atau tidak mampu yang berdomisili dan diprioritaskan untuk keluarga miskin yang termasuk dalam kategori kemiskinan ekstrem, kehilangan mata pencaharian, mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis.

Keluarga miskin penerima jaring pengaman sosial lainnya yang terhenti baik yang bersumber dari APBD dan/atau APBN, keluarga miskin yang terdampak pandemi covid-19 dan belum menerima bantuan, dan rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia.

“Hari ini pembagian BLT-DD kemiskinan Ekstrem kepada 21 KPM di Desa Siringjaha, untuk pencairan bulan April, Mei dan Juni yang berjumlah Rp.900ribu,”ucapnya.

Dirinya berharap, bantuan ini dapat bermanfaat untuk membeli kebutuhan pokok, kebutuhan keluarga.

“Semoga bantuan ini dapat digunakan sebaik-baiknya,”tutupnya.

Di lokasi Balai Desa, salah satu KPM Werta (67) tahun mengucapkan Alhamdulillah terima kasih sudah dapat bantuan.

“Senang sekali bisa di bantu dengan Bantuan Langsung tunai ini,” pungkasnya. (Hry)