Pantau Perkembangan Ternak Warga Desa Binaan, Serda Sujatmiko Bantu Beri Pakan

Penulis : Heri Indarto

INFOBERITA.ID
Serda Sujatmiko membantu Fahri memberikan makan ternak kambing, foto : Heri Indarto/infoberita.id

INFOBERITA.ID, PESAWARAN – Sebagai bentuk kepedulian terhadap warga Desa binaan, Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel, Serda Sujatmiko membantu Fahri memberikan makan ternak kambing nya di Dusun Sambung Rejo Desa Germing Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran.

Babinsa Serda Sujatmiko menuturkan kambing merupakan hewan ternak yang memiliki keuntungan yang banyak, dagingnya memiliki nilai jual yang lumayan tinggi terlebih pada hari atau moment tertentu misalnya di hari raya Idul Adha/lebaran haji.

“Didesa atau perkampungan memelihara kambing memiliki banyak kemudahan karena di kampung masih banyak lahan kosong yang ditumbuhi rumput sebagai makanannya, namun pada musim kemarau seperti sekarang ini para peternak harus putar otak mencari makanan alternatife guna mencukupi pakan utama yaitu rumput yang sudah pasti berkurang akibat musim kemarau,” ujarnya, Minggu (22/10/2023).

Babinsa memberikan solusi dengan penambahan makanan konsentrat dan makanan fermentasi yang dapat disimpan serta mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang kambing , selain itu juga menghimbau kepada pemilik ternak agar selalu menjaga kebersihan kandang agar kambing sehat dan bersih serta tidak menimbulkan bau apalagi kandang dekat dengan pemukiman warga.

“Sedapat mungkin untuk dapat memanfaatkan limbah kotoran kambing, limbah tersebutpun dapat digunakan untuk pupuk pertanian yang sangat baik bagi kesuburan tanah sehingga dapat membantu meningkatkan usaha pertanian,” imbuhnya.

Dia menyarankan kepada Fahri agar memperhatikan pemberian minum air bersih dengan intensitas tertentu guna mengoptimalkan kebutuhan air bagi kambing ternak.

“Pemberian minum sangat berpengaruh terhadap kambing ternak. Kambing yang cukup minum akan meningkatkan nafsu makan, sehingga cukup berpengaruh bagi pertumbuhan kambing ternak,” ujarnya.

Terkait dengan pemberian minum, Serda Sujatmiko mengatakan bahwa perlu ditambah garam secukupnya kira-kira 200 gram/ekor di tiap bulannya, untuk mencukupi kebutuhan mineral bagi kambing ternak.

“Garam yang diberikan pada kambing ternak tidak boleh berlebihan agar tidak meracuni,” tukasnya.

Fahri mengucapkan terima kasih kepada Bapak Babinsa yang telah memberikan saran masukan serta motivasinya kepada kami, mudah-mudahan dengan kehadirannya Bapak Babinsa dapat memberikan semangat bagi kami peternak dan warga lainnya.

“Kambing sangat mudah diperjual belikan kepada agen maupun pasar, terlebih apabila kita memiliki ternak kambing yang kualitasnya sehat dan gemuk-gemuk, pembeli akan datang dengan sendirinya,” ujarnya.

Sementara, Danramil 421-06/Natar Kapten Chb Agus Masgusriyanto membenarkan tentang kegiatan para babinsa dibawah jajarannya yang memang di tugaskan untuk dapat membantu dan memberi solusi bagi setiap permasalahan di desa binaannya.

“Mendukung terlaksananya program pemerintah dibidang ketahanan pangan,” tuturnya.

Babinsa harus meningkatkan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan warga Desa Binaan, membantu kegiatan sosial lainnya, ia berharap hubungan silaturrahmi antara TNI dengan masyarakat desa binaan akan lebih akrab lagi dan saling menjaga satu sama lainnya.

“Intinya, ini semua dilakukan untuk saling berkoordinasi dan berkomunikasi agar terciptanya Kamtibmas di desa binaan masing-masing Babinsa,” tandasnya.