Mencari Potensi Siswa dengan Dinding Harapan

Avatar
Oleh : Oktavia Kartika Kusuma Wardani
Malang, infoberita.idDinding harapan bertujuan untuk menanamkan impian dan cita cita siswa siswi, selain itu juga membuat mereka bisa menemukan jati diri, melatih kepercayaan diri siswa karena dengan dinding harapan bisa mengungkap kan angan mereka. Maka dari situ, siswa tidak akan malu dalam pembelajaran, karena sebagian siswa siswi masih malu untuk mengungkapkan hal tersebut.
Program dinding harapan ini siswa siswi di berikan 1 lembar origami, dengan  1 lembar origami tersebut mereka bisa menuliskan semua angan dan cita cita mereka tanpa ada rasa malu,dan tekanan dari pihak manapun.
Dari situ mereka mulai menuliskan satu persatu meskipun masih ada beberapa yang malu. Akan tetapi, dan ini merupakan tugas kami untuk memberi edukasi agar mereka tetap percaya diri untuk menuliskannya.
Setelah siswa siswi menuliskan mereka membacakan dan siapa yang berani membacanya di depan kelas akan mendapatkan hadiah berupa pensil, ada beberapa siswa yang berani membacakan di depan dan berharap angan serta cita cita mereka bisa terkabul.
Kegiatan tersebut Sebagian dari Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Kelompok 46 Gelombang 4 Tahun 2022 di desa Tegalgondo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kegiatan berlokasi di SD Negri Tegalgondo. Program Pengabdian in diarahkan dan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapang (DPL) Tri Wahyu Oktavendi, SE., M.SA.
Sampai pada akhirnya, kertas origami tersebut di lipat lalu di gantung di dinding belakang kelas. Sebagaimana menggantungkan angan dan cita cita mereka setinggi bintang di langit untuk di capai. (Red)
*Penulis adalah mahasiswa asal Kabupaten Blora yang sekarang mengenyam Pendidikan di Universitas Muhammadiyah Malang.