Pimpinan Cabang PNM Lampung Tegaskan Tidak Pernah Melakukan Ancaman

Heri Suwandi

INFOBERITA.ID

INFOBERITA.ID – Terkait pemberitaan yang menyebutkan ada sejumlah karyawan yang menyebutkan dirinya sebagai ‘Tinta Hitam’ yang mendorong Direksi PNM untuk turun ke Lampung sebagai upaya tindaklanjut dan melakukan investigasi menyeluruh atas dugaan arogansi, intimidasi dan ancaman yang dilakukan pimpinan PNM Lampung.

Melalui rilis hak jawab yang diterima Redaksi Infoberita.id, Pimpinan Cabang PNM Lampung, Puji Riyanto menegaskan kembali tidak pernah ada ancaman yang dilakukan oleh dirinya.

“Seperti yang pernah kami sampaikan kepada salah satu media, kami tidak pernah melakukan ancaman kepada siapa pun. Terkait dengan adanya eks karyawan yang menyebut dirinya “Tinta Hitam” saya juga baru tahu dan baru membaca dari media ini” terang Puji, Jum’at (29/12/2023).

“Saya tidak tahu persis siapa saja 3 karyawan yang mengaku Tinta Hitam ini, tetapi memang beberapa saat lalu ada karyawan yang mengundurkan diri dan karyawan ini terindikasi sedang ada masalah. Dan soal ini kita tengah memprosesnya agar semuanya menjadi terang benderang” jelas Puji lagi.

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) saat ini masih melakukan investigasi terhadap beberapa karyawan yang terindikasi melakukan kecurangan. Dugaan kecurangan ini terendus oleh Pemimpin Cabang PNM Lampung dan sedang dilakukan proses sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Puji Riyanto mengungkapkan saat ini proses investigasi dugaan kecurangan tersebut masih terus dilakukan sejak pertengahan Desember 2023.

“Ada beberapa karyawan yang terindikasi melakukan kecurangan dan kami lakukan investigasi, termasuk kami wawancara secara mendalam untuk mengetahui kebenarannya,” papar Pemimping Cabang PNM Lampung.

Menurut Puji untuk menggali informasi terkait dugaan kecurangan membutuhkan penanganan khusus agar data yang dikumpulkan valid dan menemukan benang merah antara terduga yang satu dengan lainnya.

“Kami perlu data yang pasti supaya penanganannya juga tepat. Siapapun yang terlibat akan diproses,” tambahnya.

Karyawan yang diduga melakukan kecurangan pun saat ini telah mengundurkan diri dari perusahaan saat proses investigasi masih berjalan.

PNM sebagai lembaga pembiayaan dan pemberdaya pelaku usaha ultra mikro berkomitmen untuk menindak tegas segala bentuk kecurangan yang terjadi di lingkungan perusahaan. Menjunjung tinggi nilai-nilai Good Corporate Governance (GCG) untuk menjalani prosedur pada seluruh proses operasional dan bisnis, PNM menerapkan zero tolerance terhadap seluruh tindakan yang tidak sesuai dengan standar operasional (SOP) di lingkungan perusahaan.

Diberitakan sebelumnya :
Kian Memanas, Setelah DPRD Lampung Kini Sejumlah X Karyawan PNM Buka Suara.

Sejumlah karyawan yang menyebutkan dirinya sebagai Tinta Hitam tersebut mendorong direksi PNM untuk turun ke lampung sebagai upaya tindaklanjut dan melakukan investigasi menyeluruh atas dugaan arogansi, intimidasi dan ancaman yang dilakukan pimpinan PNM lampung tersebut.

“Kami meminta untuk dicopot bahkan diberhentikan secara tidak hormat karena bukan hanya ini saja , arogansi serta dugaan main dalem dengan karyawati juga kami mengetahuinya, bahkan menyangkut rasis mengenai sentimen terhadap orang lampung juga pernah disampaikan,” Ungkapnya.

Sejumlah X karyawan tersebut juga mengungkapkan status karyawan yang melakukan pengabdian diatas 5 tahun secara masif mengundurkan diri 2 bulan terakhir ini.

“Lebih dari 3 totalnya, mundurnya bukan karena persoalan internal, tetapi karena sikap dan sifat pimpinan yang dinilai tidak solutif dan subjektif dalam mengambil keputusan,“ Lanjutnya.

Mereka juga menyebutkan akan menghadiri panggilan yang dilakukan DPRD Lampung kepada direksi PNM untuk memberikan data dan keterangan kronologi hingga subtansi yang terjadi di internal PNM.

“Informasinya seperti itu, nanti kita usulkan untuk hadir dalam pemanggilan itu, kami sudah siapkan semuanya untuk di buka kepada publik, faktanya bukan katanya “ Tutupnya.

Disisi lain, Wakil Kepala Divisi PNM Pusat Sularto Aras Hamka saat dikonfirmasi  tidak melakukan tanggapan.

“Baik Pak… insyallah minggu ini kita ada kunjungan ke Lampung Pak..,” tulis Sularto dalam pesan singkatnya.

Link berita : https://infoberita.id/2023/12/kian-memanas-setelah-dprd-lampung-kini-sejumlah-x-karyawan-pnm-buka-suara/