Babinsa Koramil 421-06/Natar Bantu Panen Jagung, Petani Ucap Syukur Atas Panen Musim Ini

Penulis: Heri952

INFOBERITA.ID
Babinsa Koramil 421-06/Natar Kodim 0421/Lamsel, Serda Epus bantu petani panen jagung, foto: Heri Indarto

INFOBERITA.ID-Wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat dengan terjalinnya sinergitas dalam meningkatkan capaian pemerintah guna mewujudkan ketahanan pangan yang optimal, Hal tersebut ditegaskan Babinsa Koramil 421-06/Natar Kodim 0421/Lamsel, Serda Epus di sela-sela membantu petani memanen jagung di ladang pertanian warga binaan, milik Bapak Zainudin (53) dengan luas lahan 1 Hektar jenis bibit jagung NK 212 di Dusun Ogan Dua RT.18 Desa Trimulyo Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran.

Babinsa Trimulyo Serda Epus menjelaskan, jagung merupakan salah satu bahan pokok makanan yang nantinya akan diolah menjadi beberapa bahan utama makanan juga merupakan perioritas utama dalam program ketahanan pangan wilayah, Babinsa Koramil 421-06/Natar senantiasa membantu warga yang sedang memanen jagung dikebun miliknya yang nantinya akan diolah, dengan semangat membantu warga dalam menuai hasil panen jagung tersebut dan juga saat panen panen lainya.

“Upaya yang dilakukan tersebut sebagai salah satu bentuk kedekatan kami dengan petani desa binaan dalam membantu meningkatkan hasil panen jagung dan lainya serta memberikan solusi serta motivasi agar petani lebih giat lagi dalam berkebun jagung nantinya. Pendampingan swasembada pangan akan selalu kita laksanakan kepada petani desa binaan dari penyiapan lahan, awal musim tanam, pemantauan pertumbuhan tanaman jagung, dan sampai dengan saat panen untuk memastikan hasil yang dicapai sesuai dan maksimal guna meningkatkan ketahan pangan wilayah dan ketahanan pangan Nasional,” tuturnya, Sabtu (24/2/2024).

Dilokasi panen Bapak Zainudin pemilik tanaman jagung mengucapkan banyak terima kasih kepada Babinsa atas bantuanya ikut serta memanen jagung kami ini sehingga pekerjaan kami cepat selesai.

“Semoga jerih payah Babinsa dalam membantu kami para petani mendampingi kami menanam dan memanen jagung selama ini hasilnya dapat lebih baik dari panen sebelumnya,” ujarnya.

Rilis keterangan Danramil 421-06/Natar Kapten Chb Agus Masgusriyanto mengatakan, aktivitas pendampingan yang dilakukan para Babinsa merupakan bagian dari upaya khusus ketahanan pangan guna membantu petani mewujudkan swasembada pangan di wilayah, Pendampingan yang dilakukan Babinsa tidak hanya saat panen, namun sudah berlangsung saat pendistribusian benih dan pupuk, pengolahan lahan, penyemaian, masa tanam, hingga masa perawatan dan panen.

“Diakuinya, jika Babinsa sebagai motor penggerak dalam menyukseskan ketahanan pangan di wilayah binaan yang selalu memberikan dorongan, baik tenaga maupun pengetahuan kepada petani agar mereka bisa mengolah pertaniannya dengan baik, sehingga masyarakat mampu memenuhi kebutuhan sehari hari, Keberhasilan dalam pertanian akan berdampak positif bagi kehidupan masyarakat,” kata Danramil Natar.