Coba-Coba Bikin Rusuh Pilkades Serentak, Ini Kata Kapolres Lamsel

Avatar
KALIANDA – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak gelombang I di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) akan digelar pada Kamis esok hari (28/10/2021).
Harapannya, penyelenggaraan Pilkades tersebut dapat berjalan dengan aman, damai dan menjaga stabilitas sosial di bumi khagom mufakat.
Sebelumnya, sebanyak 84 desa telah mengikuti ikrar deklarasi damai Pilkades serentak yang digelar secara hybrid (offline dan online) oleh Pemkab Lamsel pada 18 Oktober 2021 lalu.
Diketahui, sejumlah 279 orang calon Kepala Desa akan berkompetisi pada ajang pesta demokrasi yang tersebar di 84 desa dan 17 kecamatan.
Dalam hajatan politik itu, akan melibatkan sejumlah panitia sebanyak 4.265 orang dan saksi sebanyak 1.717 orang yang terbagi kedalam 469 Tempat Pemungutan Suara (TPS).
Untuk itu, Kapolres Lamsel AKBP Edwin mengeluarkan himbauan kepada seluruh calon kepala desa (cakades) agar tetap mentaati segala aturan seperti yang tertuang didalam Peraturan Bupati Lampung Selatan Nomor 12 Tahun 2021.
“Saling menghormati dan menghargai (antar cakades, red.). Tidak melakukan tindakan yang dapat merugikan diri sendiri, orang lain serta masyarakat,” ujar Kapolres via percakapan WhatsApp, Rabu pagi (27/10/2021).
Disamping itu, Kapolres mengingatkan kepada para cakades agar siap menang dan siap kalah.
Pasalnya, potensi gesekan juga kerawanan antara pendukung jelas rentan. Sehingga, dibutuhkan kedewasaan sikap berpolitik untuk mewujudkan kondusifitas baik sebelum maupun sesudah Pilkades.
“Menghormati hasil yang telah diperoleh.
Tetap menjaga keamanan serta stabilitas sosial di Kabupaten Lampung Selatan,” harap AKBP Edwin mewanti-wanti.
Terakhir, Kapolres juga menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan pencoblosan esok. Bagaimanapun juga, pandemi Covid-19 belum benar-benar berlalu.
“Tetap patuhi protokol kesehatan dalam pelaksanaannya (pilkades, red.),” pungkas AKBP Edwin.
Terpisah, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Lamsel Thomas Amirico, turut berharap supaya pelaksanaan Pilkades berjalan dengan lancar tanpa ada kendala yang berarti.
“Kita berharap, proses pelaksanaan
Pilkades berjalan lancar ya,” jawab Thomas Amirico via percakapan WhatsApp.
Disamping itu, ia mendorong masyarakat yang memiliki hak pilih untuk menyalurkan hak politiknya dengan mendatangi TPS sesuai daerah pemilihan dan tetap melaksanaan protokol kesehatan secara ketat.
“Warga masyarakat bisa mengunakan hak pilihnya (di TPS, red.). Tapi, tetap menerapkan prokes yang ketat,” jawab Thomas Amirico lagi.
Di penghujung, Kaban Kesbangpol meminta kepada seluruh elemen yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkades agar sama-sama menjaga suhu politik demi mewujudkan stabilitas keamanan.
“Jaga situasi kondusif. Harus menjunjung tinggi sportivitas,” tutup Thomas Amirico.
(Han)