Daerah  

Soal Atlet Jovika, Ketua KONI : Sudah Diakomodir Bupati

Avatar
KALIANDA – Atlet berprestasi cabang olahraga lompat jauh yang sempat viral diberitakan mengalami kesulitan faktor ekonomi akhirnya berjumpa dengan Bupati Lampung Selatan (Lamsel).
Jovika Indri Steven (20) ditemani ibunda Erna (40), diterima di rumah dinas Bupati sekira jam 09.00 WIB, Minggu pagi (24/10/2021).
Pertemuan itu, tak serta merta begitu saja terjadi. Ada peran ‘bapak’ para atlet yakni Ketua KONI Lamsel Rudi Apriadi yang sehari sebelumnya aktif menjalin komunikasi dengan Jovika.
Rudi Apriadi mendatangi kediaman Jovika di Dusun Waringin Harjo, Desa Agom, Kecamatan Kalianda, Sabtu malam (23/10/2021).
“Atas petunjuk pak Bupati, saya bersilaturahmi dan berkomunikasi ke kediaman bu Erna (ibunda Jovika, red.),” terang Rudi Apriadi.
Dari situlah, Rudi Apriadi mendengar langsung keluh kesah Erna dan Jovika. Kesulitan ekonomi yang mendera semenjak kematian suami mendorong mereka untuk mengadu ke langsung ke Bupati.
“Harapan dia (Jovika, red.) dan ibunya ingin bertemu dengan pak Bupati,” lanjut Ketua KONI periode 2018-2022.
Pertemuan tak diduga itupun terjadi, Erna dan Jovika akhirnya bisa bertemu dengan Bupati Lamsel H. Nanang Ermanto disaksikan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Ariswandi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah Feri Bastian serta Ketua KONI Rudi Apriadi.
“Dihadapan pak Bupati, mereka mengutarakan semua keinginannya. Insya Alloh, atas kebijakan pak Bupati semua akan diakomodir,” sebut Rudi Apriadi.
Rudi Apriadi menambahkan, didepan Jovika, H. Nanang Ermanto berjanji di masa kepemimpinannya tidak akan ada lagi atlet-atlet yang terbengkalai sehingga dapat hidup layak sesuai dengan prestasinya.
“Pak Bupati meminta kepada Jovika untuk terus berlatih. Karena, sudah 2 tahun ini dia tidak berlatih. Tahun 2022 akan ada Porprov lagi di Pringsewu, dia masih punya harapan untuk terus mengembangkan kemampuan dan berkontribusi untuk kabupaten. Itu harapan pak Bupati,” ujar Rudi Apriadi lagi.
Ditanya peluang Jovika untuk terus menjadi atlet, Rudi Apriadi menjamin masih ada kesempatan selama yang bersangkutan mau giat berlatih agar kemampuan serta fisik memenuhi kriteria untuk mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung tahun depan.
“Saya sudah bicara dengan pelatihnya di PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia, red.) Kabupaten Lampung Selatan, untuk terus memantau perkembangannya. Bahkan, pelatih meminta Jovika untuk rajin berlatih seminggu 4 kali di Stadion Jati,” tutup Rudi Apriadi. (Han)