Daerah  

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin Panen Raya Jagung di Lamsel

Avatar
JATI AGUNG – Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, SE lakukan Panen dan Tanam Jagung bersama para anggota Komisi IV di Desa Karang Rejo Kecamatan Jati Agung. Kamis (18/11/2021).
Hadir dalam acara ini Bupati Lampung Selatan yang dalam hal ini diwakilkan oleh SEKDA Thamrin, S. Sos, MM, Sekertaris Badan Litbang Pertanian RI (DR. Haris Syabbudin), Dirjen Tanaman Pangan RI (DR Suwandi), Asisten Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung (Ir. Kusnardi, M. Agr. Ec), Kepala OPD Provinsi dan Forkopimda Lampung Selatan.
Dalam sambutannya Kepala Litbang yang diwakilkan oleh Sekertaris Badan Litbang Pertanian RI menyampaikan.
Lahan 100 hektar ini merupakan hasil Riset Pengembangan Inovatif Kolaboratif untuk penelitian dan pengembangan pertanian presisi di lahan kering masam berbasis fosfat reaktir untuk tanaman jagung
Menurutnya melalui riset dan penelitian serta intervensi Teknologi, ini mampu meningkatkan produktifitas hasil Panen.
Dimana sebelumnya hasil panen hanya mencapai 3-4 ton per panen menjadi 7 ton jagung per panen.
” Salah satu yang harus di lakukan juga untuk meningkatkan hasil panen adalah menerapkan Pola tanam zigzag, ini terbukti mampu menghasilkan lebih banyak dari pada pola tanam yang biasanya” Kata Haris
Dalam sambutan Bupati Lampung yang diwakilkan oleh Sekertaris Daerah menyampaikan banyak terima kasih kepada Ketua Komisi IV DPR RI beserta rombongan
Menurutnya kunjungan ini adalah bentuk nyata atas kepedulian terhadap para masyarakat di daerah dan berharap kunjungan ini memberikan semangat dan motivasi kami khususnya para petani yang ada di Kecamatan Jati Agung.
Dengan memiliki lahan seluas 8.752 Hektar, dengan hasil produksi 48.548 Ton. diharapkan komuditas jagung dapat memenuhi kebutuhan pasar di Lampung Selatan dan juga turut berkontribusi terhadap pemenuhan kebutuhan jagung di Provinsi Lampung.
Ketua komisi IV DPR RI Sudin, SE dalam sambutannya menyampaikan inovasi yang telah dilakukan oleh Badan Litbang ini harus terus dikembangakan agar kedepannya produksi panen jagung bisa lebih meningkat.
Selain itu Sudin juga menghimbau agar meningkatkan kinerja tanam jagung dengan mutu yang lebih baik.
“Semoga kedepannya pertanian Jagung di daerah Lampung Selatan ini mampu menjadi salah satu lumbung jagung yang ada di Provinsi Lampung” Ujarnya.
Di kegiatan ini juga dilakukan Panen jagung dan Penanaman Jagung oleh Komisi IV DPR RI bersama para pejabat yang hadir.
Dilakukan juga penyerahan bantuan dari Badan Litbang yang diserahkan oleh Komisi IV DPR RI dan di berikan kepada Kepala OPD terkait serta perwakilan petani.
(Dkpm/Red)