Daerah  

Kadis PUPR Lamtim Berganti Tuai Kritik

Avatar
Lampung Timur — Sudah menjadi hal umum jika terjadi Perombakan atau Rolling Pejabat dalam sistem tatanan birokrasi kepemerintahan, Hal itu guna memberikan penyegaran serta kebutuhan organisasi.
Hal itulah yang baru saja dilakukan oleh Bupati Lampung Timur M.Dawam Rahardjo yang mana telah melantik dan mengambil sumpah 23 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, Kamis (02/12/2021).
Dawam mengucapkan selamat kepada para pejabat Tinggi Pratama yang baru saja dilantik, proses ini berdasarkan rekomendasi hasil uji kompetensi Pejabat Tinggi Pratama dilingkungan pemerintah kabupaten Lampung Timur.
“Terpenuhinya kualitas persyaratan jabatan baik dari segi kepangkatan, pendidikan Formal, Pelatihan/Diklat, integritas, moral, rekam jejak dan pengalaman kerja serta kompetensi”, kata Dawam.
Adapun beberapa nama yang tercantum dalam pelantikan tersebut adalah Ir. M.Yusuf HR yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Daerah(Sekda) Kabupaten Lampung Timur maka saat ini ia menjabat sebagai Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Lampung Timur dan Verzanita Hasan ,S.T.,M.T. yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Lampung Timur berganti menjadi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan.
Selain itu terdapat pula nama Datang Cahaya Hartawan yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, kali ini menjabat sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lampung Timur.
Dalam pelantikan kali ini, terdapat hal menarik yang cukup mencuri perhatian dimana terdapat nama Subandri Bachri,S.H.,M.M kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) yang berlatar belakang pendidikan Sarjana Hukum.
Hal tersebut terkesan memaksakan dimana seorang berlatar belakang Pendidikan Sarjana Hukum menjadi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Lampung timur.
Atas hal itu mengundang komentar dari Pengamat Publik yang juga Sekertaris DPD PWRI Persatuan Wartawan Republik Indonesia,provinsi Lampung DARMAWAN, M.,H. Dalam wawancara singkat oleh awak media Info berita.id, dirinya mengatakan bahwa tidak tepat nya Jabatan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Timur yang seharusnya adalah seseorang yang berlatar belakang pendidikan yang sesuai dibidangnya.
“Ini cukup menarik karena baru kali ini saya mendengar seorang berlatar belakang pendidikan Sarjana Hukum menjadi Kepala Dinas PUPR, dan saya rasa hal ini kurang tepat karena tidak sesuai dengan kompetensi di bidangnya ” Ungkap Darmawan.
Jika hal ini di pimpin bukan orang yang memiliki skill/keahlian tehnik sipil,maka sulit dalam menjaga kualitas dan kuantitas infrastruktur, terlebih dengan anggaran yang terbatas,perlu optimalisasi ide dan pemikiran untuk kemajuan infrastruktur terlebih lagi jalan sebagai penunjang utama pembangunan demi kabupaten Lampung Timur yang lebih baik kedepannya.
“Sebagai putra daerah lampung timur, saya berharap Pemerintah Kabupaten Lampung Timur dalam hal ini kepala dinas, terlebih Dinas PUPR merupakan orang yang memiliki skill tentang infrastruktur dan kopetensi dalam bidang keilmuan insinyur atau tehnik sipil, sehingga mampu memberikan kemajuan dengan kopetensinya dalam hal ini infrastruktur terhadap bawahannya terlebih dengan anggaran infrastruktur yang bernilai miliaran,sehingga pembangunan infrastruktur di lampung timur dapat memiliki kualitas yang baik”, Pungkasnya.

(DM/Red)