Daerah  

Pemkab Lamsel Siap Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Avatar
Lampung Selatan – Kabupaten Lampung Selatan menyatakan siap untuk melaksanakan vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun. Hal ini ditegaskan oleh Kepala Dinas Kesehatan Joniansyah saat dihubungi, Selasa 14 Desember 2021.
Menurut Joni, pihaknya saat ini hanya menunggu distribusi vaksin untuk anak itu dari pusat, selanjutkan akan menggelar kegiatan vaksinasi tersebut.
“Secara umum, sarana dan prasarana kita siap (menggelar vaksinasi anak). Kita hanya menunggu suplai vaksinnya saja,” ujarnya.
Ia pun menyampaikan, Kabupaten Lampung Selatan masuk dalam daftar daerah yang melaksanakan vaksinasi bagi anak di Provinsi Lampung, bersama dengan Kabupaten Mesuji.
“Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor : HK.01.07/Menkes/6688/2021 tentang pelaksanaan vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun yang ditetapkan tanggal 13 Desember 2021, Kabupaten Lampung Selatan tertera (untuk) melaksakan vaksinasi tersebut,” kata Dia.
Joni menambahkan, saat ini pihaknya masih melakukan pendataan sasaran (anak yang bakal di vaksin).
“Ya, sekarang kita sedang melakukan pendataan sasaran. Sasaran total memang dari pusat, tapikan rinciannya kita yang data,” sebut Joniansyah.
Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan Basuki Didik Setiawan menyebut, vaksin yang bakal digunakan untuk vaksinasi anak usia 6-11 tahun adalah vaksin jenis sinovac.
“Jenis sinovac,” ujarnya singkat melalui pesan aplikasi What’sapp.
Sementara itu, Sekretaris Satgas Covid-19 Lampung Selatan Badruzzaman menyatakan, bila pihaknya masih menunggu kedatangan vaksin untuk kegitan vaksinasi anak usia 6-11 tersebut.
“Dalam Inmendagri 66 juga sudah ada. Di KMK juga ada (vaksinasi anak), tapi vaksinnya belum ada. Harapan kami, vaksin ini disegerakan, supaya bisa langsung digelar,” kata Dia.