Daerah  

Wabup Lamsel Pantau Pelaksanaan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun oleh BIN

Avatar
NATAR – Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa memantau secara langsung pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6-11 tahun yang digelar di SDN 1 Tanjung Sari, Kecamatan Natar, pada Rabu (29/12/2021).
Program vaksinasi yang digagas oleh Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Lampung bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan itu juga dihadiri langsung Kepala BIN Daerah Lampung Iwan Satriawan beserta pejabat utama BIN Daerah Lampung.
Hadir juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan Joniyansyah, Camat Natar Rendy eko Supriyanto, Danramil Natar Kapten Agus serta Kepala SDN 1 Tanjung Sari Baiduril.
Menyampaikan sambutan Bupati Lampung Selatan, Wakil Bupati Pandu Kesuma Dewangsa mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setingi-tingginya kepada BIN Daerah Lampung yang memberikan bantuan berupa 600 dosis vaksin bagi anak usia 06-11 tahun.
“Vaksinnya telah diserahkan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan. Dan pada hari ini akan disuntikkan kepada para siswa SDN 1 Tanjung Sari Kecamatan Natar,” ujar Pandu Kesuma Dewangsa saat menyampaikan sambutan.
Pandu juga mengatakan, bawha pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan pemberian vaksin bagi anak usia 6-11 tahun tersebut. Dia berharap, kegiatan positif seperti itu dapat terus dilakukan secara kontinu dan berkesinambungan, serta dapat diikuti oleh perusahaan swasta ataupun badan usaha lainnya yang ada di Kabupaten Lampung Selatan.
“Mengingat virus ini masih ada dan harus kita lawan secara serius. Saya harap pemberian vaksin pada hari ini dapat menciptakan kekebalan kelompok bagi anak-anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Lampung Selatan,” kata Pandu.
Lebih lanjut Pandu menyampaikan, Kabupaten Lampung Selatan telah memasuki level 1 atau zona aman. Artinya bahwa perkembangan penularan COVID-19 sudah menurun, tingkat kematian juga sudah mulai berkurang, dibandingkan pada bulan-bulan sebelumnya.
“Dimana angka kematian dan penularan akibat COVID-19 ini sangat tinggi. Namun dengan demikian kita tidak boleh lengah dan tetap waspada serta selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas sehari-hari,” tutur Pandu.
Pada kesempatan itu, Pandu juga menyatakan, bahwa pemerintah menjamin vaksin yang digunakan untuk masyarakat luas sesuai dengan standar keamanan dan telah melewati uji klinik yang ketat, sehingga vaksin yang diberikan sudah dipastikan aman dan efektif.
“Oleh karenanya, melalui kegiatan pemberian vaksinasi ini diharapkan transmisi atau penularan COVID-19 berkurang, angka kesakitan dan kematian akibat virus ini menurun. Terutama bagi anak-anak usia sekolah 6 sampai dengan 11 tahun,” katanya.
Pandu juga berharap, dengan dilaksanakannya pemberian vaksinasi pada anak-anak sekolah tersebut, dapat memberikan perlindungan bagi anak-anak dari paparan COVID-19, serta dapat menekan penyebaran COVID-19 di lingkungan sekolah, rumah dan tempat bermain.
“Kita tetap waspada, virus (COVID-19) ini masih ada. Dan kita harus selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas kita,” imbuhnya.
Sementara, pada kesempatan itu, Kepala BIN Daerah Lampung, Iwan Satriawan mengatakan, pandemi COVID-19 yang menjadi permasalahan global hingga saat ini belum berakhir. Oleh karena kata dia, masalah itu menjadi perhatian dan tanggung jawab bersama.
“Pandemi COVID-19 telah menimbulkan multiplier effect yang tidak hanya berdampak terhadap bidang kesehatan saja. Tetapi juga terhadap ekonomi, sosial budaya, hingga pertahanan dan keamanan,” kata Iwan Satriawan.
Dirinya menuturkan, Presiden Jokowi menginstruksikan program percepatan vaksinasi COVID-19 untuk seluruh lapisan masyarakat guna membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity sehingga permasalahan pandemi COVID-19 bisa diselesaikan.
“Presiden RI memerintahkan seluruh lembaga termasuk Badan Intelijen Negara untuk berperan aktif dalam mendukung program percepatan vaskinasi. Agar vaksinasi COVID-19 mencapai 70% pada akhir tahun 2021,” terangnya.
Iwan Satriawan mengungkapkan, bahwa sejak September hingga Desember 2021, BIN Daerah Lampung telah melaksanakan vaksinasi COVID-19 terhadap 146.958 orang untuk dosis pertama dan kedua yang digelar di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Lampung.
“BIN Daerah Lampung kembali mendapat amanah untuk melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun dengan sasaran sebanyak 18.000 dosis di semua kabupaten/kota Provinsi Lampung. Seperti yang saat ini sedang kita lakukan di Kabupaten Lampung Selatan,” ujarnya.
Pada kesempatan itu, Iwan Satriawan juga mengapresiasi jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan yang telah mampu menekan penyebaran COVID-19 serta telah melaksanakan vaksinasi untuk masyarakat umum diatas capaian nasional 70%.
“BIN Daerah Lampung juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan yang telah memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi hari ini, sehingga dapat terlaksana secara baik,” katanya.
Sementara itu, setelah prosesi acara di SDN 1 Tanjung 1, Kecamatan Natar, Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa bersama Kepala BIN Daerah Lampung Iwan Satriawan melakukan vaksinasi untuk lansia secara door to door.
(Kmf/Red)