Daerah  

Way Tayas Pikat Artis Sinetron Risty Tagor

Avatar
Rajabasa – Lampung Selatan menyimpan banyak potensi pariwisata yang masih alami, salah satunya air terjun Way Tayas yang terletak di kaki gunung Rajabasa Dusun Pangkul, Desa Sukaraja Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan.
Lantaran kondisi yang masih asri membuat air terjun Way Tayas menjadi daya tarik sendiri untuk dikunjungi oleh para wisatawan termasuk artis kenamaan Risty Tagor.
Dalam rangka promosi brand fashion miliknya yakni Risty Land Nusantara Fashion di Lampung Selatan, Risty Tagor dan tim menyempatkan diri untuk mengunjungi destinasi wisata air terjun Way Tayas pada Senin siang (14/3/2022).
Bahkan, kedatangan artis dengan pemilik nama asli Ariestia Ramadhany Tagor Harahap itu turut ditemani oleh Ketua Umum Penggerak Pesona Wisata Lampung Selatan (P2WLS) Hj.Winarni Nanang Ermanto beserta jajaran terkait.
Seraya menuju lokasi, Winarni menjelaskan mengenai sejarah dari air Terjun Way Tayas, mulai dari arti nama way tayas, ketinggian, kedalaman air terjun hingga keanekaragaman hayati yang masih terjaga habitatnya.
“Way tayas artinya dalam bahasa Lampung Way itu air dan Tayas yang berasal dari kata tayos yang artinya air yang tak pernah mati. Hingga saat ini masih terdapat binatang-binatang seperti yang kita dengar ada suara tenggeret, jika biasanya di perkotaan yang didengar suara bising pabrik, mobil dan kebisingan lainnya,” jelas Winarni.
Winarni juga menjelaskan, mengenai berbagai destinasi wisata di Lampung Selatan yang dapat menjadi alternatif wisatawan untuk berkunjung mulai dari wisata bahari, wisata pengunungan, pemandian air panas dan wisata buatan lainnya.
“Ada beberapa tempat wisata di Lampung Selatan, di Way Kalam juga ada air terjun seperti ini, ada juga pemandian air panas Way Belerang di Kalianda. Sesuai arahan dari pak Bupati saat ini difokuskan dalam pengembangan desa wisata. Bahkan Pemkab Lampung Selatan telah menetapkan 10 destinasi wisata unggulan di Lamsel,” paparnya.
Sementara itu , Risty Tagor sangat terkesan dengan keindahan pesona yang ada di Air Terjun Way Tayas yang masih sangat alami, walau perjalanan yang cukup melelahkan terbayar dengan keindahan eksotis yang dimiliki air terjun way Tayas.
“Masyaallah banget, semua capeknya terbayarkan dengan pesona indah yang berada di Air Terjun Way Tayas ini, mau punya uang berapapun jika tidak punya tenaganya tidak akan sampai disini, masyaallah banget ciptaan Tuhan ini, sangat indah sekali,” ujarnya.
Dirinya merasa sangat bersyukur akan negeri tercinta Indonesia yang sangat kaya dengan keindahan alamnya, termasuk destinasi wisata Air Terjun Way Tayas yang berada di Lampung Selatan. Oleh karena itu, dirinya mengajak masyarakat Lampung Selatan untuk terus menjaga kelestariannya.
“Sudah sepatutnya kita peduli dengan alam dengan menjaganya dan jangan lupa bagi masyarakat luar Lampung Selatan termasuk yang berada di kota besar untuk datang ke air terjun Way Tayas , di sini juga alhamdulilah penduduk sekitar menyambut baik dan ramah-ramah,” pungkasnya.

(kmf)