Daerah  

DPC Prajaniti Hindu Indonesia Lantik Pengurus Komisariat Prajaniti Kecamatan se-Lamsel

Avatar
KALIANDA – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Prajaniti Hindu Indonesia Kabupaten Lampung Selatan melantik pengurus komisariat Prajaniti kecamatan se-Kabupaten Lampung Selatan masa bhakti tahun 2022-2027, Minggu (10/4/2022).
Pelantikan sekaligus bimbingan teknis (Bimtek) yang di laksanakan di gedung aula Negeri Beru Resort (NBR) Kalianda itu diikuti enam kecamatan yang terdapat umat Hindu di Lampung Selatan. Enam kecamatan itu adalah, Kecamatan Ketapang, Kecamatan Sragi, Kecamatan Palas, Kecamatan Way Panji, Kecamatan Candipuro dan Kecamatan Sidomulyo.
BACA JUGA : Mantan Sekda Lampung Sutono Kunjungi Kebun dan Perpustakaan Edukasi
Pelantikan dan Bintek dengan mengusung tema ” Dengan Semangat Tribhakti dan Sinergitas Lembaga Hindu Membangun Lampung Selatan” dihadiri langsung Ketua DPD Prajaniti Hindu Indonesia Provinsi Lampung Drs. Wayan Suwatra, M.Pd, Ketua PHDI Lamsel Made Sugriwa, S.Pd.
Hadir juga Dewan Penasehat DPC Prajaniti Kabupaten Lampung Selatan yakni Made Sukintre,S.Pd dan Ketut Wartadinanta, S.Sos yang juga selaku pemateri dalam Bintek tersebut. Selain itu, dihadiri seluruh pengurus lembaga Hindu tingkat kabupaten yakni PHDI, WHDI, Peradah, PSN dan sejumlah tokoh agama di Lamsel.
Pelantikan pengurus komisariat Prajaniti kecamatan se-Lampung Selatan dilakukan Ketua DPC Prajaniti Hindu Indonesia Kabupaten Lampung Selatan Nyoman Subagio, S.Sos.
Ketua DPD Prajaniti Provinsi Lampung Wayan Suwatra, M.Pd mengatakan, lembaga Prajaniti merupakan salah satu organisasi Hindu yang berdiri dari pusat sampai ke daerah-daerah. Tugas pokok dan fungsi organisasi Prajaniti yakni, Bhakti Warga, yaitu melakukan bhakti dalam bentuk gerakan dan pelayanan dalam membangun sumberdaya manusia Hindu yang berkarakter, maju, mandiri, rukun, dan sejahtera.
Bhakti Nagara, yaitu melakukan bhakti dalam bentuk gerakan dan pelayanan pada negara dengan membangun kesadaran dan partisipasi aktif umat Hindu dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Bhakti Persada, yaitu melakukan bhakti dalam bentuk gerakan dan pelayanan dalam karyakarya sosial, ekonomi, budaya, kemanusiaan, dan lingkungan.
“Sementara Fungsi Prajaniti adalah sebagai wadah dan wahana perjuangan Umat Hindu dalam melaksanakan dharmanya terhadap agama, bangsa, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila,” papar Wayan Suwatra.
Ketua PHDI Kabupaten Lampung Selatan Made Sugriwa, S.Pd memberi apresiasi kepada pengurus Prajaniti kabupaten Lampung Selatan yang telah menggelar pelantikan sekaligus Bintek kepada pengurus komisariat Prajaniti kecamatan dan lembaga-lembaga Hindu yang ada di Lamsel.
“Kedepan sinergitas antara lembaga Hindu yang ada di Lamsel lebih guyup dan kompak demi kemajuan umat Hindu di Lamsel dan membangun daerah yang lebih baik lagi kedepannya,” kata Made Sugriwa.
Ketut Wartadinanta, S.Sos selaku salah satu pemateri bidang Traning Of Traner (TOT) dan Teamwork mengungkapkan, kerja sama (teamwork) merupakan kunci utama dalam mencapai tujuan organisasi. Dikatakan, dalama kepengurus Prajaniti disemua tingkatan harus kompak dan solid. “Keberhasilan suatu organisasi tidak dapat dilakukan hanya satu orang atau beberapa orang, namun semua pengurus mulai Ketua sampai dengan anggota,” ujarnya.
Sementara Ketua DPC Prajaniti Hindu Indonesia Kabupaten Lampung Selatan Nyoman Subagio, S.Sos berharap kepada pengurus komisariat Prajaniti kecamatan se-Kabupaten Lampung Selatan untuk masa bhakti 2022-2027 dapat menjalankan tugas dan fungsi organisasi masing-masing kecamatan.
“Saya berharap kepada seluruh pengurus komisariat Prajaniti kecamatan yang baru saja dilantik dapat bekerjasama antar lembaga Hindu yang ada di Lamsel dan lembaga-lembaga masyarakat eksternal Hindu demi terwujudkan kemajuan Umat Hindu khususnya dan masyarakat Lampung Selatan pada umumnya,” pungkasnyas.
(man)