Daerah  

Tim SAR Gabungan Temukan Jasad Nelayan Tenggelam

Avatar
LAMPUNG SELATAN – Pencarian pada hari ketiga tim SAR gabungan terhadap Zuhaini (54) nelayan yang diberitakan menghilang sejak Jum’at (3/6/2022) sore, akhirnya membuahkan hasil.
Jasad warga Desa Canggung, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), mulanya ditemukan mengambang di tengah laut oleh nelayan setempat pada koordinat 5°53’49.74″S – 105°32’18.84″E jarak 6.83 NM dan arah 200.75° dari lokasi diketahui menghilang.
Informasi itu, dibenarkan oleh Kapos Basarnas Bakauheni – Lampung Selatan, Denny Iryansyah Mezu.
“Pada hari ini Minggu (5/6), korban yang kita cari hari ini atas nama Zuhaini umur 54 tahun berhasil ditemukan oleh tim SAR gabungan bersama nelayan pukul 12.30 WIB, dalam kondisi meninggal dunia,” terang Kapos Basarnas Bakauheni.
Sekira pukul 13.05 WIB, tim SAR gabungan yang terdiri dari Dit Polair Polda Lampung, Sat Polair Polres Lamsel, Damkar dan Penyelamatan, BPBD, relawan Kobar, HNSI kemudian bahu-membahu mengevakuasi tubuh korban untuk dibawa ke dermaga terdekat.
“Korban kita evakuasi menggunakan kapal RIB Basarnas Lampung. Setelah berhasil di evakuasi, kita bawa ke Dermaga Canti, Kecamatan Kalianda,” lanjut Denny Mezu, sapaan akrabnya.
Meski harus berduka, keluarga yang tengah menanti di dermaga akhirnya bisa bernafas lega karena tubuh korban telah diketemukan oleh tim gabungan.
“Pukul 13.20 WIB, jasad korban kita serahkan kepada keluarga lalu dibawa ke rumah duka untuk dimakamkan,” imbuh Denny Mezu.
Disoal agar kasus serupa tak terulang kembali dan menimpa nelayan lainnya, Kapos Basarnas Bakauheni kemudian mengeluarkan seruan.
“Agar nelayan memperhatikan faktor cuaca saat akan melaut. Kemudian, agar membawa alat keselamatan/ life jacket saat melaut,” himbau Denny Mezu sembari mengakhiri.
(han/Red)