Peringati Tragedi Kudatuli, DPD PDI Perjuangan Lampung Akan Gelar Tahlilan dan Bagi Bunga

Avatar
Bandar Lampung – DPD PDI Perjuangan Provinsi Lampung akan menggelar tahlilan dan bagi bunga dalam rangka memperingati tragedi 27 Juli 1996 atau Kudatuli ke 26 Tahun, di Kantor DPD PDI Perjuangan setempat.
Sekretaris Umum DPD PDI Perjuangan Lampung, Sutono menjelaskan, Kudatuli memiliki arti yaitu Kerusuhan 27 Juli yang terjadi pada 1996, dimana saat itu Megawati menjadi Ketua Umum PDI Perjuangan atas kongres di Surabaya, kemudian pemerintah juga mendorong Suryadi sampai ada julukan PDI pro Suryadi.
“Saat itu kantor PDI Perjuangan Megawati ada di Jalan Diponegoro no 58 Jakarta Pusat. Nah disini yang dimaksud Kudatuli pada 27 Juli itu adalah penyerangan secara paksa atau pengambilan kantor secara paksa oleh Suryadi, jadi kantor Bu Mega itu diambil paksa oleh Suryadi yang didukung oleh pemerintah, disitulah mulainya terjadi kerusuhan,” jelas Sutono saat diwawancarai, Selasa (26/7/2022).
Dari kejadian pengambilan hak secara paksa itu, rakyat tahu dan akhirnya semua kalangan mulai dari LSM, mahasiswa dan masyarakat turun ke lapangan melakukan demo besar-besaran karena adanya pro kontra terhadap pemerintah.
“Dalam Kudatuli itu banyak memakan korban mulai dari korban hilang hingga korban meninggal dunia,” katanya.
Mengingat adanya tragedy 27 Juli 1996 atau Kudatuli itu, DPD PDI Perjuangan melaksanakan tahlilan guna mendoakan para pejuang dalam kerusahan tersebut.
“Memperingati Kudatuli tentu saja yang pertama menjadi spirit untuk kita dalam mempertahankan dan berjuang dalam kebenaran, kemudian juga mendoakan para pejuang yang telah mengorbankan nyawanya demi memperjuangankan kebenaran,” katanya.
Tahlil akan dilaksanakan pada Selasa (26/7/2022) malam ini, dan akan dipimpin oleh tokoh agama dari PCNU Bandar Lampung dan juga ada ceramah yang akan disampaikan oleh Ketua MUI Bandar Lampung.
Selain itu, DPD PDI Perjuangan Lampung akan melaksanakan pembagian bunga di dua lokasi yang akan diberikan kepada masyarakat pada Rabu (27/7/2022).
“Bagi bunga ini kita lakukan tepat di hari Kudatuli yang akan dilaksanakan di depan Kantor DPD PDI Perjuangan Lampung dan di Bundaran Gajah Tugu Adipura Bandar Lampung, kita akan bagikan bunga ini kepada masyarakat,” jelasnya.
Sutono berharap kepada generasi penerus PDI Perjuangan khususnya di Lampung agar tidak tulli terhadap kebenaran.
“Jadi dengan nama Kudatuli ini ya tentu diharapkan kita sebagai penerus jangan pernah tuli terhdap kebenaran yang ada, perjuangankanlah kebenaran,” tandasnya.
(*)