Daerah  

BSPN Lamsel Gelar Pelatihan Pelatih Saksi, PDI Perjuangan Lampung Targetkan Hattrick Pemilu 2024

Avatar
KALIANDA – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Provinsi Lampung nampaknya mulai menyiapkan instrument jajarannya menyongsong tahun politik 2024.
Sebagai rangkaian warming up pada mesin partai, DPD PDI Perjuangan Provinsi Lampung mulai menggelar Pelatihan Pelatih Saksi Daerah (PPSD), yang dilaksanakan Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) Daerah Provinsi Lampung. PPSD ini digelar selama tiga hari, sejak Sabtu hingga Senin (08-10 Oktober 2022), di GOR Way Handak Kalianda Lampung Selatan (Lamsel).
Dipandu langsung BSPN Pusat, PPSD untuk Kabupaten Lamsel ini diikuti oleh 68 orang peserta yang berasal dari 17 Pengurus Anak Cabang (PAC) PDI Perjuangan se-Kabupaten Lamsel.
“Jadi ini (Pelatihan Pelatih Saksi Daerah) adalah yang pertama dilakukan (oleh BSPN) se-Indonesia. Lampung Selatan ini lah yang mengawalinya. Baru selanjutnya daerah-daerah lain di Indonesia, bergiliran akan melaksanakan pelatihan yang seperti ini. Untuk Lampung sendiri, setelah Lamsel, PPSD ini juga berlanjut ke 14 Kabupaten/Kota lainnya,” sebut Sekretaris BSPN Pusat, Chandra Irawan, dalam sambutannya.
Hadir dalam pembukaan, jajaran BSPN Pusat lainnya yakni Sunggul Sirait, Yoyok dan Nabil. Tampak juga pengurus DPD PDI Perjuangan Provinsi Lampung, Endro S Yahman (anggota DPR RI), Sahlan Syukur (anggota DPRD Provinsi Lampung), Donald Haris Sihotang.
Selain itu, ada juga jajaran pengurus BSPN Daerah Provinsi Lampung yang dikomandani Kepala BSPN Daerah Darwin Eko Saputra dan Sekretaris Juandi Sinurat, para Pelatih Saksi Nasional dari Kab/Kota di Lampung.
Dari jajaran Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Lamsel, terlihat Ketua DPC PDI Perjuangan Lamsel Nanang Ermanto serta para anggota fraksi DPRD Kabupaten Lamsel, Sekretaris BSPN Cabang Lamsel Zamzam Al Mubarit dan pengurus Badan/Sayap DPC PDI Perjuangan Lamsel lainnya.
“Melalui pelatihan ini diharapkan akan menghasilkan pelatih-pelatih untuk tingkat Kecamatan yang mumpuni. Karena nanti bapak dan ibu sekalian yang akan melatih saksi-saksi di TPS. Selain itu, juga akan menjadi koordinator sekaligus saksi partai di PPK. Oleh karena itu, saya harap bapak dan ibu sekalian bisa benar-benar menyimak dan memahami seluruh materi yang akan disampaikan dalam pelatihan ini,” pesan Chandra.
Sementara, Ketua BSPN Daerah Provinsi Lampung, Darwin Eko Saputra menegaskan, PPSD se-Provinsi Lampung ditarget selesai bulan Desember mendatang. Dengan support dari DPD PDI Perjuangan Provinsi Lampung dan masing-masing DPC se-Provinsi Lampung, Darwin optimis, PPSD akan mampu menjalankan penugasan partai khususnya untuk pesta demokrasi 2024 mendatang.
“Kami target, pada akhir PPSD nanti, akan tercetak sekitar 1200 Pelatih Saksi Daerah,” tegasnya.
Sedangkan, pengurus DPD PDI Perjuangan Provinsi Lampung yang juga Korwil Lamsel, Donald Haris Sihotang mengucapkan selamat atas terselenggarannya PPSD dan secara khusus menyampaikan apresiasinya atas capaian-capaian yang diraih oleh jajaran DPC PDI Perjuangan Lamsel.
Terakhir, Ketua DPC PDI Perjuangan Lamsel, Nanang Ermanto berpesan kepada seluruh peserta PPSD untuk serius mengikuti jalannya pelatihan. Karena diakuinya, BSPN selaku badan resmi yang mengelola saksi partai, telah memiliki system dan konsep yang terorganisir dalam upaya pemenangan partai.
“Jika semuanya benar-benar serius menjalankan tugas dan perintah partai, saya yakin, target hattrick kemenangan yang dicanangkan DPP akan bisa kita wujudkan. Dan khusus Lamsel, saya juga memiliki target 20 kursi untuk DPRD Kabupaten Lamsel,” tandasnya. (RLS/Red)
Advertisement