Dukung Ketahanan Pangan, Sertu Heri Indarto Bantu Warga Tanam Padi dan Pupuk Tanaman Jagung

INFOBERITA.ID
Babinsa 421-06/Natar, Kodim 0421/LS, Sertu Heri Indarto bantu warga tanam padi, foto : Heri Indarto

LAMPUNG SELATAN-Dukung program pemerintah ketahanan pangan, Babinsa 421-06/Natar, Kodim 0421/LS, Heri Indarto bantu warga tanam padi dan pupuk tanaman jagung di Desa Kalisari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan.

Salah satu tugas Babinsa selain melaksanakan pembinaan wilayah juga mendukung program ketahanan pangan yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 421-06/Natar, Sertu Heri Indarto membantu warga binaannya tanam padi jenis IR dan membantu memupuk tanaman jagung di atas lahan seluas kurang lebih 0,5 Hektare milik Ibu Sulasmi di Dusun Kaliasin III RT 10 Desa Kalisari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan.

Dilokasi, Sertu Heri Indarto mengatakan kegiatan yang dilakukannya merupakan salah satu upaya untuk mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan dan untuk mempererat kedekatan dengan warga binaannya.

“Kegiatan ini sangat bagus sekali dilakukan oleh Babinsa untuk mendorong dan memotivasi warga binaan dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat, Mengingat mayoritas masyarakat di pedesaan sektor pertanian dijadikan salah satu profesi andalan oleh karena itu ini berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi,”ujarnya, Minggu (28/05/2023).

Sertu Heri Indarto menambahkan, kegiatan pendampingan kepada para petani rutin dilakukan mulai dari penyiapan lahan, penyemaian bibit, tanam yang saat ini dilakukan, perawatan tanaman hingga saatnya musim panen nanti.

“Dengan harapan hasil panen padi saat ini bisa maksimal sesuai yang diharapkan oleh para petani,”tuturnya.

Tujuan dari pendampingan ini, kata dia, untuk mempercepat masa tanam dan bentuk kepedulian TNI, khususnya Babinsa Koramil 421-06/Natar.

“Kegiatan yang mendukung pemerintah daerah terutama di Kecamatan Natar dalam mewujudkan ketahanan pangan,”Imbuhnya.

Menurut dia, dalam pelaksanaannya kehadiran Babinsa disambut baik oleh para petani, para petani tersebut menjadi sangat bersemangat dalam menanam padi. Penanaman padi tersebut disesuaikan dengan penyuluhan dan arahan dari Dinas Pertanian setempat, selain menanam padi Babinsa juga membantu dalam menyiapkan dan mengolah lahan hingga masa panen mendatang.

“Kegiatan tersebut akan terus berlanjut sehingga para petani bisa ikut menciptakan swasembada pangan secara nasional, sekaligus agar warga tidak sampai kekurangan pangan. Babinsa akan berupaya selalu menjadi yang terdepan dan menjadi solusi dalam segala kegiatan, terutama dalam pendampingan dalam program swasembada pangan. Keberadaan Babinsa sendiri adalah sebagai motor penggerak kemajuan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat, serta mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat,”kata dia.

Senada, Danramil 421-06/Natar, Kapten Chb Agus Masgusriyanto mengatakan, kehadiran Babinsa dalam pendampingan pertanian merupakan upaya khusus untuk meningkatkan ketahanan pangan mempercepat pencapaian swasembada pangan.

“Dengan adanya Babinsa turun ke sawah membantu meringankan pekerjaan para petani, yang manfaatnya akan dimiliki para petani itu sendiri, paling tidak mengajak dan memotivasi para petani untuk senantiasa meningkatkan produksi pertaniannya,” tukas Danramil. (Heri Indarto)