Daerah  

Kementerian Pertanian dan DPR RI Gelar Bimtek di Natar, Fokus Pemilihan Benih Bersertifikat

INFOBERITA.ID

 

LAMPUNG SELATAN–Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Tanaman Pangan bersama Komisi IV DPR RI menggelar bimbingan teknis (Bimtek) penggunaan benih bersertifikat di Desa Kaliasri, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Jumat (19/5/2023).

Kegiatan itu dihadiri oleh Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Direktur Perbenihan Tanaman Pangan Dr. Ir. Yudi Sostro, para pejabat struktural pemerintah daerah serta beberapa stakeholder terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kementan maupun Komisi IV DPR RI atas perhatiannya terhadap petani di Lampung Selatan.

Nanang menyebut, melalui bimtek tersebut dapat memberikan wawasan dan pemahaman yang lebih baik tentang penggunaan benih bersertifikat dalam meningkatkan produktivitas tanaman pangan.

“Maka kesempatan ini dimanfaatkan waktunya untuk menyerap ilmu dari para narasumber. Karena kita tanpa ilmu pengetahuan, terlebih dalam pemanfaatan kamajuan teknologi kita tidak akan bisa berdaya,” ujar Nanang.

Sementara, Direktur Perbenihan Tanaman Pangan Yudi Sastro mengatakan, Kementan bersama Komisi IV DPR konsen memberikan  bimtek kepada para petani dalam rangka mendorong peningkatan produktivitas komoditas tanaman pangan.

“Salah satunya melalui penerapan pemilihan benih bersertifikat yang sudah kami lakukan sejak tahun 2021 di seluruh Indonesia,” kata Yudi Sastro.

Lebih lanjut Yudi Sastro menyampaikan, Kementerian Pertanian terus berupaya melakukan bimbingan teknis pendampingan di lapangan, serta pemberian bantuan-bantuan yang tepat guna sehingga pertanian di Indonesia menjadi lebih baik lagi.

“Benih yang berkualitas dan bersertifikat dapat memberikan hasil yang lebih baik, meningkatkan daya adaptasi terhadap kondisi lingkungan, mengurangi risiko serangan penyakit dan hama, serta memastikan kelestarian varietas unggul,” tutur Yudi Sastro.

 

Sementara itu, dalam arahannya Ketua Komisi IV DPR RI Sudin mengatakan, dengan memperkuat penggunaan benih bersertifikat, lndonesia termasuk di Lampung Selatan dapat mencapai hasil pertanian yang lebih baik, meningkatkan ketahanan pangan, dan memenuhi tuntutan pasar yang semakin ketat.

“Mari kita bersama-sama mewujudkan visi Indonesia sebagai negara yang mandiri dalam produksi pangan yang berkualitas dan berkelanjutan,” kata Sudin.

Pada kesempatan tersebut, Sudin meminta agar peserta bimtek bisa menyerap ilmu yang diberikan oleh narasumber serta bisa memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik mungkin.

“Selamat mengikuti bimtek dengan semangat. Tetap produktif, ikuti dengan sepenuh hati dan manfaatkan waktu sebaik mungkin,” kata Sudin mengakhiri sambutannya.

Selanjutnya, acara bimtek dilanjutkan dengan presentasi dari narasumber yang kompeten di bidang tersebut. Kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab dan diskusi terbuka kepada para peserta bimtek. (*)