Daerah  

Pemkab Lamsel Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

INFOBERITA.ID

LAMPUNG SELATAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) menggelar upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Korpri, Kalianda, Kamis (1/6/2023).

Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto. Sementara, Wakil Ketua I DPRD Lampung Selatan, Agus Sartono bertindak membacakan UUD 1945.

Upacara dihadiri pula anggota Forkopimda Lampung Selatan, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan beserta para pejabat utama, kepala perangkat daerah, serta seluruh Apararur Sipil Negara dilingkungan Pemkab Lampung Selatan.

Membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, Nanang Ermanto menyampaikan, bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni merupakan hari yang paling bermakna bagi masyarakat Indonesia.

Nanang menuturkan, Pancasila merupakan realitas objektif dengan legitimasi kuat baik secara filsafat, politis, historis maupun kultural.

Dimana, pengalaman dari setiap nilai-nilai Pancasila perwujudan rasa cinta terhadap tanah air yang bisa membangun bangsa dan negara menjadi lebih baik.

“Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia. Tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Nanang.

Nanang juga mengajak seluruh masyarakat Lampung Selatan untuk terus menggelorakan semangat Pancasila dan berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Terus berkarya dan beraktivitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan Indonesia yang akan membangun peradaban ke depan. Semoga Indonesia menjadi bangsa besar yang disegani dunia tanpa kehilangan jati dirinya, Pancasila,” tegas Nanang. (ptm/kmf)