Daerah  

Babinsa Koramil 421-06/Natar, Bantu Petani Bersihkan Gulma Rumput Liar

INFOBERITA.ID
Sertu Heri Indarto bantu petani bersihkan gulma rumput liar pengganggu pada tanaman padi, foto : Heri Indarto

LAMPUNG SELATAN–Dukung program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan khususnya Swasembada pangan, Sertu Heri Indarto Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel melaksanakan pendampingan dalam membersihkan gulma rumput liar pengganggu pada tanaman padi diwilayah binaannya Desa Kalisari Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan.

Sertu Heri Indarto melakukan pendampingan ketahanan pangan bersama kelompok Tani Maju Jaya dengan luas lahan sekitar 0,5 Hektar milik Bapak Sutrisno yang berlokasi di Dusun Kaliasin III RT.11 Desa Kalisari, Minggu (16/7/2023).

Danramil 421-06/Natar, Kapten Chb Agus Masgusriyanto kepada media mengatakan, pendampingan kepada kelompok tani ataupun petani merupakan kegiatan rutin yang merupakan tugas sebagai aparatur kewilayahan dengan membantu para petani yang berada diwilayah desa binaannya. Kegiatan mendampingi petani dalam membersihkan gulma rumput liar dan tanam padi yang dikerjakan oleh Babinsa merupakan wujud kemanunggalan TNI bersama rakyat.

“Pendampingan kepada kelompok tani dan petani ini merupakan kegiatan rutin yang merupakan tugas kewilayahan, dengan membantu para petani serta saat penyemaian bibit, pengolahan lahan sawah, perawatan sampai dengan pelaksanaan panen. Seperti saat ini yang sedang mereka lakukan ialah membersihkan Gulma rumput liar penggangu tanaman padi, sebagai wujud rasa kepedulian terhadap para petani dalam menciptakan ketahanan pangan, sehingga Babinsa juga ikut membantu agar petani mudah dalam menanam padi ini guna menjaga kestabilan ketahanan pangan Nasional,” terang Danramil 421-06/Natar Kapten Chb Agus Masgusriyanto.

Dilokasi, Sertu Heri Indarto mengatakan peran nyata Babinsa dalam ketahanan pangan yaitu dengan turun langsung kesawah membantu petani dan melaksanakan pedampingan.

“Bukan baru kali ini saja kami membantu Petani, hal serupa sudah sering kita lakukan, kebetulan hari ini ada Kelompok Tani Maju Jaya yang membersihkan gulma rumput liar pengganggu tanaman padi, tanpa berpikir panjang saya langsung turun ke sawah ikut membantu, kendati penuh lumpur, dalam benak saya yang penting Ikhlas demi kehidupan petani kita biar lebih makmur dan sejahtera,” kata Sertu Heri Indarto.

Ditempat yang sama, Ketua Gapoktan Desa Kalisari, Sahidi dan pemilik lahan Sutrisno mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang sudah menyemangati dan peduli dengan kami sebagai petani dan tiada henti hentinya membina kami dari mulai mengolah lahan, menyemai bibit, menanam padi sampai dengan panen selalu mendampingi kami sebagai petani.

“Babinsa selalu di hati, kami bangga dengan TNI Khususnya Babinsa,” tukasnya. (Heri)