Lestarikan Sejarah dan Tingkatkan Perekonomian, Bukit Bendulu Diresmikan

INFOBERITA.ID
Peresmian destinasi objek wisata tropong Bukit Bendulu di Desa Sukaraja, Foto : Dendi Hidayat

LAMPUNG SELATAN–Kepala Desa Sukaraja Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan meresmikan destinasi objek wisata tropong Bukit Bendulu. Jumat, (15/9/2023).

Bukit Bendulu merupakan kawasan yang dulu dikenal dengan berbagai legenda yang familiar dimasyarakat yakni di zaman penjajahan belanda.

“Benteng bendulu ini merupakan peninggalan pahlawan nasional raden intan II, dalam berjuang mempertahankan bumi lampung” ujar M. Yusuf Kepala Desa Sukaraja.

Tidak hanya itu, selain teropong benteng bendulu di desa sukaraja ini juga terdapat beberapa objek wisata, baik wisata alam ataupun pantai. Diantaranya objek wisata air terjun way tayas,  air terjun cimampang  air terjun dua bidadari dan wisata safana sukaraja.

“Semua wisata ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa sukaraja bekerja sama dengan KUPS dari LPHD Kehutanan dan semua wisata nantinya akan menjadi satu paket, ketika wisatawan masuk ke wisata benteng bendulu berarti sudah masuk ke wisata air terjun yang tersedia.” Paparnya.

Perlu diketahui bersama, lanjutnya. Selain disuguhkan dengan pesona keindahan alam, wisatawan juga dapat menikmati fasilitas yang tersedia diantaranya, Gazebo, Tenda, dan fasilitas penunjang lainnya.

Pada kesempatan tersebut, M. Yusuf sangat mengapresiasi semua pihak terutama Dinas Pariwisata, PMD dan PT. Angkasa Pura Raden Intan II yang telah menjadi donatur dalam mengembangkan wisata yang saat ini diresmikan.

“Mudah mudahan kedepan objek wisata ini menjadi, salah satu wisata unggulan di lampung selatan, sehingga perekonomian masyarakat dapat meningkat kedepannya.” Harapnya.

Sementara, Kepala Dinas PMD Lampung Selatan Erdiyansyah menyampaikan bahwa, desa sukaraja ini merupakan desa yang banyak menyimpan destinasi wisata salah satunya destinasi wisata bersejarah  yang tercatat dengan jelas bahwa benteng bendulu ini merupakan benteng pertahanan di zaman penjajahan belanda.

“Wisata ini mempunya dua sisi yakni melestarikan sejarah juga meningkatkan perekonomian masyarakat sukaraja, oleh karena itu saya harap wisata ini dapat dikelola dengan baik kedepannya sehingga dapat maju dan berkembang.” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Sabtudin Camat Rajabasa.

“Mudah mudahan dengan adanya wisata ini desa sukaraja semakin dikenal dan saya harap ini dapat dikelola dengan baik serta didukung oleh masyarakat, yang perlu diperhatikan oleh pengelola yakni mengenai keamanan dan kenyamanan wisatawan ketika berkunjung” tukasnya.

Hadir dalam peresmian ini, Kepala Dinas PMD lamsel Erdiyansyah, Kapolpos, Babinsa, Polhut, Dinas Pariwisata, Sabtudin Camat Rajabasa, Rio Imanda. SH Ketua Apdesi Kecamatan Rajabasa, Suryana Kepala Desa Way Muli, perwakilan PT. Angkasa Pura Raden Intan II, Paluma dan Pendamping Desa. (Den)