Babinsa Koramil 421-06/Natar Bantu Petani Binaannya Panen Tomat

INFOBERITA.ID
Kopda Nur Diansah bantu petani binaannya panen tomat rampai (Foto : Heri Indarto / infoberita.id)

LAMPUNG SELATAN–Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel, Kopda Nur Diansah melaksanakan pendampingan petani binaannya panen tomat jenis rampai di Dusun Kampung Baru RT.001 RW.006 Desa Sidosari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Senin (16/10/2023).

Sektor pertanian merupakan tulang punggung ketahanan pangan dan hal yang sangat penting bagi kelangsungan hidup masyarakat, karena tingkat kebutuhan masyarakat yang relatif tinggi, maka petani diharapkan senantiasa menjaga dan merawat tanamannya dengan baik, agar mencapai target yang dibutuhkan dan dapat menjaga stabilitas harga bahan pangan dipasar

Pembinaan ketahanan pangan di kewilayahan terus ditingkatkan oleh Aparat TNI di wilayah khususnya para Babinsa, seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel, Kopda Nur Diansah melaksanakan pendampingan petani binaan panen tomat jenis rampai dilahan milik Suwarno dengan luas lahan 1/4 Hektar di Dusun Kampung Baru RT.001 RW.006 Desa Sidosari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan

Dikatakan oleh Babinsa Desa Sidosari Kopda Nur Diansah bahwa kegiatan pendampingan merupakan upaya untuk memberikan dorongan motivasi terhadap petani binaan dalam mendukung ketahanan pangan di wilayah.

“Babinsa selalu melaksanakan pendampingan dari mulai tahap pengolahan lahan, pemeliharaan dan perawatan sampai dengan panen bertujuan agar dapat meningkatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan,” ujarnya.

Disamping itu, lanjut dia, pendampingan dilakukan bertujuan untuk mengantisipasi adanya kemungkinan gagal panen dengan memberikan edukasi terhadap petani daerah tentang pertanian modern, tomat merupakan tanaman yang memerlukan perawatan ekstra.

“Diharapkan dengan adanya pendampingan petani mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang diinginkan sehingga mampu membantu meningkatkan perekonomiannya,” Imbuhnya.

Terpisah, Danramil 421-06/Natar Kapten Chb Agus Masgusriyanto, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Babinsa jajarannya dalam memberikan pengawalan dan pendampingan kepada petani di wilayah binaan.

“Kegiatan yang dilakukan Babinsa di Desa Binaan merupakan upaya untuk terus memotivasi para petani agar terus giat dan lebih bersemangat dalam bercocok tanam. Sehingga bisa meningkatkan Produktifitas panen guna percepatan Swasembada pangan di wilayah Koramil 421-06/Natar khususnya,” tuturnya.

Memberikan contoh kepada para petani untuk selalu peduli untuk mengolah lahan tidur dipenuhi semak belukar, agar dapat ditanami berbagai macam tumbuhan sayur mayur serta tanaman lainnya, apabila lahan ditumbuhi tanaman sayur mayur yang hijau kita bisa terhindar dari ancaman kebakaran hutan dan lahan, TNI Khusus nya Babinsa selalu berupaya semaksimal mungkin untuk membantu para petani agar dapat meningkatkan hasil produksinya.

“Pendampingan yang dilakukan Babinsa merupakan wujud nyata TNI kepada Masyarakat dalam membantu mengatasi kesulitan masyarakat disekeliling kita,” tukasnya.

Dilokasi lahan panen tomat, Suwarno mengucapkan rasa terimakasih kepada Babinsa yang selama ini selalu peduli terhadap masyarakat, dengan mengunjungi para petani diwilayah binaannya.

“Terimakasih kepada Babinsa yang telah mendampingi kami, memberikan motivasi dan saling bertukar pikiran untuk berusaha meningkatkan hasil petani, kami sangat bersyukur sekali atas perhatian besar dari Babinsa,” ucapnya.

(Heri952)