Babinsa Koramil 421-06/Natar Komsos Membuat Media Tanam Polybag

Praktek pengisian tanah pupuk di polybag

INFOBERITA.ID
Serda Darwin melaksanakan kegiatan komunikasi sosial praktek pengisian tanah pupuk di polybag, foto : Heri Indarto/infoberita.id

INFOBERITA.ID, LAMPUNG SELATAN – Anggota Koramil 421-06/Natar Serda Darwin melaksanakan kegiatan komunikasi sosial (komsos) praktek pengisian tanah pupuk di polybag yang akan ditanami ketahanan pangan (hanpangan) jenis sayuran bersama Ibu-ibu PKK warga desa binaannya.

Kegiatan komsos praktek pengisian tanah pupuk di polybag tersebut bertempat di Dusun I Margomulyo Desa Rulung Sari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan.

Dalam kegiatan, Serda Darwin memaparkan perawatan tanaman budidaya di polybag tujuannya untuk mensiasati minimnya lahan di lingkungan, halaman rumah, pekarangan dan untuk memudahkan dalam perawatannya, disamping itu cara menanam sayuran di media polybag cukup mudah dilakukan.

“Media tanam sangat berguna apabila kita ingin menanam sayuran dalam polybag atau pot, metode seperti ini cocok diterapkan di lahan yang terbatas atau lahan sempit seperti di halaman pekarangan rumah. Penanaman sayuran dengan media polybag ini menggunakan pupuk kandang, dengan menggunakan pupuk kandang tanaman sayuran bisa tumbuh subur dan bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga,” terangnya, Jumat (20/10/2023).

Kegiatan ini juga memberikan contoh kepada masyarakat desa binaannya tentang gerakan tanam sayuran bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan memberikan contoh tentang teknik bercocok tanam yang baik.

Diharapkan dapat memberikan keuntungan dan pemenuhan kebutuhan komsumsi bagi keluarga dan tidak perlu lagi membelinya dipasar, sehingga dapat menarik minat dan animo masyarakat untuk bercocok tanam dengan memanfaatkan media polybag di rumah tangga.

“Jika kita menanam bibit sayuran dengan media polybag dengan skala besar koditas tanaman ini sangat menguntungkan,” ujarnya.

Selanjutnya akan melaksanakan penyemaian dan pengembangan bibit untuk ditanam sehingga menghasilkan tanaman yang subur dan sehat dalam waktu yang relatif singkat.

“Bibit tanaman yang baik akan menjadi penentu awal atas keberhasilan budidaya selanjutnya,” kata dia.

Dilokasi, Suhotong selaku pemilik budidaya tanaman sayur menerima kedatangan Babinsa dengan baik, karena Babinsa selalu memberikan motivasi dan semangat dengan usaha yang dia tekuni tersebut.

“Terimakasih atas dampingan dan dukungan dari bapak TNI, ide dan saran-sarannya sangat bagus untuk masyarakat,” ucapnya.

(Heriindarto952)