Untuk Hasil Maksimal, Sertu Heri Indarto Berikan Pendampingan dan Bantu Petani Sawi

Penulis : Heri952

INFOBERITA.ID
Sertu Heri Indarto bantu petani siram tanaman sawi milik petani desa binaannya, foto : Heri Indarto/infoberita.id

INFOBERITA.ID, LAMPUNG SELATAN – Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel, Sertu Heri Indarto melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) sambil membersihkan rumput liar dan menyiram tanaman sawi milik petani sayur mayur, Mujio warga Dusun Kaliasin III RT.15 Desa Kalisari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan.

Guna membantu meningkatkan hasil pertanian yang berlimpah bagi petani diwilayah binaan, Sertu Heri Indarto terus melakukan pendampingan kepada petani serta menjalin komunikasi sosial dengan masyarakat diwilayah binaan.

Dalam menjalin komunikasi sosial Babinsa dengan masyarakat bisa dilakukan di mana saja, seperti saat ini yang dilakukan Sertu Heri Indarto melakukan komsos sambil membantu membersihkan rumput liar dan menyiram tanaman sawi milik Mujio dengan luas sekitar 800 M2 disekitar pekarangan rumahnya.

Serda Heri Indarto mengatakan kegiatan pendampingan pertanian yang dilakukannya ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para petani agar tetap bersemangat dalam bercocok tanam.

“Melalui perawatan yang dilakukan secara optimal, tanaman sawi diharapkan dapat tumbuh subur dan hijau daunnya sehingga dapat memenuhi target yang diharapkan. Sawi merupakan sayuran yang memerlukan perawatan ekstra agar hasil yang diperoleh lebih maksimal, air adalah kebutuhan utamanya dalam menghasilkan batang serta daun yang hijau untuk di konsumsi,” paparnya, Selasa (24/10/2023).

Pastikan sawi mendapatkan sinar matahari yang cukup, kata dia, dengan paparan sinar yang tidak melebihi 8 jam setiap harinya. Selain itu, siram sawi dua kali dalam sehari agar tanah tetap basah dan lembab, kalau memasuki musim penghujan, pastikan intensitas curah hujan sesuai dengan kondisi tumbuh.

“Hasil panen dari tanaman ini tentunya menjadi harapan bagi para petani agar dapat mencukupi kebutuhan perekonomian keluarga,” tuturnya.

Dilokasi, Mujio mengatakan tanaman sawi miliknya saat ini sedang dalam masa perawatan, dirinya merasa sangat terbantu dengan adanya Babinsa yang turut serta membantu meringankan pekerjaannya, apalagi saat ini sangat diperlukan perawatan khusus, agar tanaman sawi yang sedang ditanam itu dapat tumbuh subur dan mendapatkan hasil yang maksimal.

“Terimakasih pak Babinsa sudah mampir bersilaturahmi bertukar pikiran dan membantu saya menyiram, merawat tanaman sawi di kebun ini,” pungkasnya.

Ditempat terpisah, Danramil 421-06/Natar, Kapten Chb Agus Masgusriyanto menerangkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mewujudkan swasembada pangan yang telah diprogramkan oleh pemerintah.

“Ini bentuk kepedulian kami sebagai aparat teritorial sekaligus memotivasi petani agar lebih semangat lagi dalam mengolah lahan, merawat tanaman dan meningkatkan produksi tanaman sawi. Kami berharap kepada para petani harus bangkit dan terus semangat dalam mengolah lahan dan meningkatkan hasil produksinya,” ujarnya.

Ditambahkannya, sebagai aparat komando kewilayahan akan terus berperan aktif memberikan pendampingan kepada petani, dalam hal ini petani sawi, karena jika tanaman sawi hasilnya memuaskan maka akan dapat meningkatkan taraf hidup para petani itu sendiri.

“Secara otomatis pendapatan penghasilan dari bertani meningkat,” tukasnya.