Asah Kemampuan Prajurit, Kodim 0421/Lamsel Gelar Latbak Jatri

Penulis : Heri952

INFOBERITA.ID
Kodim 0421/Lamsel menggelar latihan menembak untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan personel pada bidang menembak untuk mendukung tugas pokok TNI, foto : Heri Indarto/infoberita.id

INFOBERITA.ID, PESAWARAN – Dalam rangka untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan personel pada bidang menembak untuk mendukung tugas tugas pokok TNI, Kodim 0421/Lamsel menggelar latihan menembak senjata ringan (Latbak Jatri) Triwulan – IV Tahun 2023 dilapangan Batalyon Infanteri 143/TWEJ Kompi Senapan – A Gedong Tataan Pesawaran.

Sejumlah Personel dari Jajaran Kodim 0421/Lamsel mengikuti latihan menembak tersebut guna mengasah kemampuan tempur menghadapi tugas pokok TNI (Perang) untuk menghadapi kesiapan masing-masing personel dalam mempertahan pertahanan wilayah Negara.

Latihan perorangan ini dalam bidang menembak adalah merupakan program dari Komando atas latihan Triwulan – IV Tahun 2023 tentang perintah untuk melaksanakan Latihan Menembak Senjata Ringan (Latbak Jatri).

Perwira Seksi Operasi (Pasiops) Kodim 0421/Lamsel Kapten Inf Ujang Haerudin selaku Komandan latihan tersebut mengatakan, latihan menembak senjata ringan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan personel pada bidang menembak dengan beberapa sikap latihan menembak, berdiri, duduk dan tiarap.

“Hal ini untuk melatihkan kembali kepada semua personel Kodim 0421/Lamsel agar berkemampuan handal dalam menghadapi tugas pokok Satuan TNI perang,” ujarnya, Kamis (23/11/2023).

Ditambahkannya, tugas TNI ada 2, yakni tugas pokok perang dan tugas pokok selain perang yang meliputi bidang kegiatan karya bakti untuk masyarakat.

“Sehingga 2 bidang tugas ini juga sama-sama kita latihkan sesuai dengan program anggaran kerja Satuan,” tukasnya.

Sementara, Komandan Kodim 0421/Lamsel, Letkol Inf Fajar Akhirudin S.I.P.,M.Si. Selaku Pimpinan Umum Latihan Latbak Jatri di lokasi menekankan agar seluruh prajurit menggunakan dan memanfaatkan waktu latihan sebagai upaya untuk menjaga dan memelihara kemampuan menembak senapan terutama senapan laras panjang.

“Setiap prajurit harus menjaga kemampuan menembak karena setiap saat para prajurit harus siap untuk digerakkan dalam kondisi dan situasi apapun ketika negara membutuhkan. Untuk itu kemampuan menembak harus tetap diasah dan ditingkatkan dalam rangka menghadapi setiap tantangan tugas kedepan,” tegasnya.

Dia juga mengingatkan selama latihan menembak agar mengedepankan faktor keamanan dan keselamatan dengan melaksanakan semua perintah pelatih dan melaksanakan prosedur keamanan selama dilapangan tembak.

“Seluruh personel memiliki tanggung jawab yang sama atas tertib dan kelancaran latihan sehingga harus mengikuti instruksi dari pelatih sehingga latihan dapat berjalan aman dan lancar,” tukasnya.