Dukung Hanpangan, Babinsa Bersama Petani Olah Lahan Pertanian

Penulis : Heri952

INFOBERITA.ID
Sertu Heri Indarto bantu petani olah lahan pertanian, foto :Heri Indarto/infoberita.id

INFOBERITA.ID, LAMPUNG SELATAN – Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel Sertu Heri Indarto, membantu petani binaan mengolah lahan pertanian untuk tanaman jagung menggunakan traktor pada luas lahan kurang lebih satu hektar di lahan Bapak Sahidi warga Dusun Banjarsari III RT.23 Desa Kalisari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan.

Sertu Heri Indarto memaparkan, pengolahan lahan pertanian menggunakan traktor adalah cara yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami karena dengan sistem traktor ini akan mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan melumpur.

“Keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus, airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air,” ujarnya, Rabu (2/11/2023).

Dengan pengolahan lahan menggunakan Traktor ini diharapkan para petani akan lebih mudah merawat tanaman serrta dapat menghasilkan panen yang lebih baik, sehingga kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan bahkan dengan meningkatnya hasil panen akan mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan nasional. Pangan merupakan kebutuhan manusia yang paling mendasar, sehingga ketersediaan pangan khususnya beras bagi masyarakat harus selalu terjamin.

“Dengan terpenuhinya kebutuhan pangan maka masyarakat akan memperoleh hidup yang tenang sehingga mampu mampu berperan dalam pembangunaan. Penyediaan pangan yang cukup, merata dan bermutu bagi seluruh rakyat Indonesia khususnya masyarakat di Desa Kalisari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan merupakan suatu prioritas yang terpenting guna mewujudkan program pemerintah dalam mendukung ketahanan pangan nasional,” terangnya.

Ditambahkannya, sukseskan Swasembada pangan demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera dan terpenuhinya kebutuhan pangan daerah sebagai penyokong ketahanan pangan nasional. Babinsa memiliki tugas khusus menggerakan dan memotivasi petani untuk melaksanakan tanam serentak, yang bekerjasama dengan Dinas Pertanian dalam rangka memberikan pelopor swasembada pangan, ini dilakukan sejalan dengan telah diterimanya pelatihan dan pembekalan Babinsa tentang pertanian.

“Dari pembekalan yang sudah didapat tentunya harus diterapkan langsung dilapangan bersama petani maupun Poktani atau Gapoktan,” kata dia.

Terpisah Danramil 421-06/Natar Kapten Chb Agus Masgusriyanto mengatakan, kebersamaan petani dan Babinsa merupakan bentuk kemanunggalan TNI pertanian dalam turut serta mensukseskan program pemerintah mencapai swasembada pangan.

“Saya berharap para kelompok tani dan masyarakat tani lebih memahami tentang tugas tersebut sehingga akan terjalin komunikasi yang kuat didalam mengupayakan secara khusus peningkatan dan mutu produksi hasil panen, para petani hendaknya tidak merasa terganggu, justru harus lebih semangat, oleh karenanya saya yakin langkah upaya ini akan membuahkan hasil yang luar biasa,” jelas Danramil.

Sementara itu, Bapak Sahidi sebagai pemilik lahan mengaku sangat senang dengan adanya kepedulian dari Babinsa untuk membantu dalam pengelolaan lahan pertanian miliknya.

“Kami sangat terbantu dengan adanya Pak Babinsa yang selalu ikut secara langsung terjun ke lahan pertanian dalam membantu percepatan dan pengolahan lahan pertanian untuk tanaman jagung,“ ungkapnya.