Peran Aktif Babinsa Koramil 421-06/Natar Bantu Petani Panen Cabe

Penulis : Heri952

INFOBERITA.ID
Babinsa Koramil 421-06/Natar Kodim 0421/Lamsel Kopda Nur Diansah bersama Bhabinkamtibmas Polsek Natar Bripka Feriansyah bantu petani panen cabe, foto : Heri Indarto/infoberita.id

INFOBERITA.ID, LAMPUNG SELATAN – Bintara Pembina Desa (Babinsa) dituntut berperan aktif melaksanakan pendampingan kepada para petani, dari penyuluhan, pengolahan lahan, penanaman hingga panen, hal tersebut sangatlah penting dalam rangka menyukseskan program pemerintah khususnya di bidang ketahanan pangan.

Seperti halnya yang dilakukan Babinsa Koramil 421-06/Natar Kodim 0421/Lamsel Kopda Nur Diansah bersama Bhabinkamtibmas Polsek Natar Bripka Feriansyah yang aktif melaksanakan pendampingan dan membantu Bapak Ujang dan Ibu Sukani panen cabe dilahannya di Dusun Kampung Baru RT. 01 RW. 03 Desa Sidosari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan.

Kopda Nur Diansah mengatakan, saat ini para petani sedang panen cabe yang merupakan salah satu komoditas yang ada di wilayah Desa Sidosari ini.

“Kami Babinsa dan Bhabinkamtibmas turun untuk membantu warga petani panen cabe,” ujarnya, Minggu (5/11/2023).

Menurutnya, salah satu tujuan melakukan pendampingan dengan cara membantu petani cabe rawit melakukan perawatan yang baik dan benar sesuai arahan dari Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL).

“Sekaligus untuk mengetahui sejauh mana kendala dan permasalahan yang dihadapi masyarakat petani cabe berkaitan dengan musim kemarau ini,” tuturnya.

Dikatakannya, sebagai Babinsa yang merupakan ujung tombak dari satuan Koramil 421-06/Natar, dirinya selalu siap membantu masyarakat khususnya di wilayah binaan.

“Kepada masyarakat agar tidak perlu risih dan segan untuk selalu koordinasi dan memberikan informasi seputar kegiatan pertanian. Kami selalu membuka diri untuk petani berkaitan persoalan pertanian, karena sudah menjadi tugas kami untuk menjalin komunikasi dan kebersamaan dengan warga,” tukasnya.

Senada, Danramil 421-06/Natar Kapten Chb Agus Maagusriyanto mengharapkan bantuan serta perhatian Babinsa ini mampu membantu pemerintah dalam menciptakan swasembada pangan diwilayah binaan.

“TNI melalui Babinsa ditingkat desa terus memberikan dukungan serta semangat kepada petani,” tukasnya.

Dilokasi, Bapak Ujang dan Ibu Sukani pemilik tanaman cabe Jenis C7 dengan luas lahan 1200 M2 mengaku sangat gembira, karena dengan pendampingan dan pembekalan, arahan serta bantuan dari Babinsa dan Bhabinkamtibmas walaupun secara singkat bisa menjadi sebuah keakraban serta meringankan setiap permasalahan yang ada.

“Syukurlah Babinsa dan Bhabinkamtibmas disini senantiasa selalu melakukan pendampingan bersama kami para petani,” ungkapnya.