Sebelas Peserta dari Lampung Selatan Ikut Diklat Jurnalistik

Penulis : Dendi Hidayat

INFOBERITA.ID
11 peserta muda yang diutus oleh PWI Lampung Selatan mengikuti acara diklat jurnalistik di provinsi Lampung, foto : Dendi Hidayat

INFOBERITA.ID, BANDARLAMPUNG – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung melakukan kegiatan Diklat Jurnalistik guna Memfilterisasi wartawan yang akan masuk menjadi anggota PWI.

Diklat jurnalistik tersebut diikuti oleh 125 peserta anggota muda dari kabupaten se-Provinsi Lampung. Kamis (30/11/2023).

Pada kesempatan tersebut sebanyak 11 peserta muda dari Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) yang diutus oleh PWI Lamsel mengikuti acara diklat jurnalistik di provinsi Lampung.

Nama peserta muda tersebut yakni :

1. NAMA : Agus Setiyawan
Media : Lampungterkini.id

2. Nama ; Dendi Hidayat
Media : Infoberita.id

3. Nama : Yogi Novan Abitama
Media : iNewsLamsel.id

4. Nama : Yogi Darliansyah
Media : Royalnews17.com

5. Nama : Sazuli. SE
Media : Harian Berita lampung

6. Nama : Hermansyah
Media : Rajabasanews.com

7. Nama : Ahmad Dini Eka Saputra
Media : jangkarnusantara.com

8. Nama: Teguh Handika, S. Sos
Media : kupas Tuntas

9. Nama : khairul hasyim
Media : Lampung.sumselnews.Co.id

10. Nama : Diki Darmawan
Media : Harian Lampung media

11. Nama : Arifin Miser
Media : T-Linku.id

Pada kesempatannya, Ketua PWI Kabupaten Lampung Selatan Supradianto berharap kepada 11 calon anggota muda dari Kabupaten Lampung Selatan agar dapat mengikuti diklat serta menjaga benar marwah organisasi guna memahami kode etik jurnalis.

“Saya berharap kepada kawan kawan calon anggota muda yang hari ini mengikuti diklat agar menjaga benar marwah organisasi dan mematuhi kode etik jurnalistik serta patuh kepada undang undang pokok PERS No 40 Tahun 1999 dalam menjalankan kegiatan jurnalistiknya,” tuturnya.

Sementara, Iskandar Zulkarnain selaku moderator yang juga pengurus inti dari PWI Provinsi Lampung menjelaskan tentang beberapa point penting sebelum melangkah mengambil tingkatan-tingakatan dalam uji kompetensi wartawan (UKW).

“Ada 3 tingkatan dalam UKW, yakni Wartawan Muda, Wartawan Madya, Wartawan Utama, jadi dari tiga tingkatan tersebut profesi wartawan juga didasari oleh kode etik jurnalistik, artinya frofesi wartawan ini kewajibannya yakni mencari berita dan menayangkan berita,” katanya.