Tingkatkan Ketahanan Pangan, Babinsa Bantu Petani Panen Cabe

Penulis : Heri952

INFOBERITA.ID
Serda Anton Wahyudi bantu petani panen cabe di Desa binaannya, foto : Heri Indarto/infoberita.id

INFOBERITA.ID, PESAWARAN – Bintara Pembina Desa (Babinsa) dituntut berperan aktif melaksanakan pendampingan kepada para petani, dimulai dari penyuluhan, pengolahan lahan, penanaman hingga panen. Hal tersebut sangatlah penting dalam rangka menyukseskan program pemerintah khususnya dibidang ketahanan pangan.

Babinsa Koramil 421-06/Natar di Jajaran Kodim 0421/Lamsel, Serda Anton Wahyudi saat ini melaksanakan pendampingan dilahan dengan luas 0,5 Hektar milik Bapak Sukamto warga Dusun Srimukti RT.08 Desa Srewedari Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran.

Serda Anton Wahyudi mengatakan kegiatan pendampingan pertanian yang dilaksanakan bertujuan untuk memberikan motivasi kepada petani agara tetap semangat dalam bercocok tanam, melalui perawatan yang optimal tanaman cabe diharapkan tumbuh subur dan memenuhi dalam pencapaian hasil panen.

“Cabe merupakan komoditas pangan yang primadona dengan harga yang relatif mahal kisaran 1 kilogram (kg) Rp.100 ribu sehingga sangat membantu ekonomi para petani. Cabe merupakan salah satu komoditas unggulan yang ada di wilayah Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran, sehingga kami turun untuk membantu warga tersebut,” ujarnya, Minggu (12/11/2023).

Dikatakannya sebagai Babinsa yang merupakan ujung tombak dari satuan Koramil 421-06/Natar, dirinya selalu siap membantu masyarakat khususnya diwilayah binaan dan berharap kepada masyarakat agar tidak perlu risih dan segan untuk selalu koordinasi dan memberikan informasi seputar kegiatan pertanian.

“Kami selalu membuka diri untuk petani berkaitan persoalan pertanian, karena sudah menjadi tugas kami untuk menjalin komunikasi dan kebersamaan dengan warga,” jelasnya. 

Ditempat terpisah, Danramil 421-06/Natar Kapten Chb Agus Masgusriyanto berpesan kepada para Babinsa untuk mendukung program unggulan bapak Kasad tentang memperkuat ketahanan pangan dan menjadi solusi bagi masyarakat sehingga terjalin Kemanunggalan TNI dan rakyat yang kuat.

“Salah satu tujuan melakukan pendampingan yakni dengan cara membantu petani cabe rawit mulai dari melakukan perawatan yang baik dan benar sesuai arahan dari Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan untuk mengetahui sejauh mana kendala dan permasalahan yang dihadapi masyarakat petani cabe berkaitan dengan musim kemarau ini,” tukasnya.

Dilokasi, pemilik kebun bapak Sukamto mengucapkan terima kasihnya kepada Babinsa yang sudah rutin melakukan pendampingan kepada kebun cabe, dengan hadirnya Babinsa dilapangan secara tidak langsung memberikan motivasi kepada semua para petani.

“Kami ucapkan terimakasih dan senang atas kehadiran Babinsa yang selalu mendampingi kami, Pak Babinsa selalu hadir dari pengolahan lahan, perawatan sampai proses pemanenan Babinsa selalu hadir ditengah-tengah kami,” ucapnya dengan Bangga.