Tingkatkan Perekonomian Wilayah, Babinsa Berikan Motivasi Kepada Pengrajin Kerupuk Slondok

Penulis : Heri952

INFOBERITA.ID
Kopda Agus Mulyadi bantu dan berikan motivasi kepada pengusaha UMKM, pengrajin pengrajin Kerupuk Slondok di Desa Kejadian Kecamatan Natar, Selasa (21/11/2023), foto : Heri Indarto/infoberita.id

INFOBERITA.ID, PESAWARAN – Babinsa Koramil 421-06/Natar Kodim 0421/Lamsel, Kopda Agus Mulyadi mengunjungi Bapak Yulian pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) rumahan yakni pengrajin Kerupuk Slondok di Desa Kejadian Kecamatan Natar Kabupaten Pesawaran.

Kopda Agus Mulyadi mengatakan, Kerupuk Slondok adalah camilan khas Magelang Jawa Tengah, camilan ini terbuat dari bahan dasar singkong. Singkong bisa diolah menjadi berbagai macam olahan, seperti tape, getuk, slondok, ceriping dan lainnya.

“Camilan ini memiliki khas cita rasa gurih, pedas, dan renyah, pembuatan kerupuk Slondok memang tidak terlalu sulit bagi yang sudah mahir, seperti bapak Yulian pemilik UMKM sekaligus pembuat kerupuk Slondok,” terangnya, Selasa (21/11/2023).

Ditambahkannya, ini merupakan kegiatan rutinitas pembinaan teritorial babinsa yaitu melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan warga masyarakat didesa binaannya termasuk pengusaha rumahan untuk memberikan motivasi kepada mereka.

“Kunjungan Babinsa ke tempat usaha masyarakat merupakan upaya dalam memberikan pendampingan dan memotivasi dengan mendukung usaha untuk membantu mensejahterakan masyarakat,” Imbuhnya.

“Kita berikan motivasi kepada pengusaha UMKM untuk terus mengembangkan usahanya, dengan usaha yang terus berkembang dan maju setidaknya dapat membuka kesempatan bekerja warga disekitar,” kata Kopda Agus Mulyadi.

Dijelaskannya Komsos merupakan sebuah kegiatan dengan suatu arah dan tujuan mendapat pencapaian pada suatu kondisi integrasi sosial Komunikasi sosial juga dapat diartikan sebagai proses yang bertujuan untuk memberikan pengaruh untuk mencapai keterkaitan sosial yang diharapkan oleh tiap-tiap individu didalam masyarakat.

“Komunikasi sosial juga merupakan sebuah proses sosialisasi yang berjalan seiring kelangsungan hidup manusia atau kelompok bersosial yang terjamin, dengan adanya komunikasi sosial, diharapkan stabilitas sosial, ketertiban, tercapainya nilai-nilai baru yang dipegang oleh masyarakat akan tercapai,” paparnya.

Sementara, Danramil 421-06/Natar Kapten Chb Agus Masgusriyanto mengatakan, kunjungan ke industri rumahan pembuatan kerupuk slondok tersebut merupakan kegiatan yang rutin dilakukan Babinsa di wilayah binaan masing-masing.

“Ini merupakan salah satu bentuk pembinaan dari kita TNI sekaligus dalam membangun komunikasi dengan masyarakat,” tuturnya.

“Sedangkan untuk hasil dari pengolahan kerupuk slondok itu dijual kepasar tradisonal dan warung sekitaran tempat tinggalnya. Dengan usaha rumahan yang dijalankan tersebut juga dapat membantu membuka lapangan pekerjaan dilikungan tersebut,” kata Danramil.

Dilokasi, pemilik industri kerupuk slondok Bapak Yulian mengucapkan terimakasih kepada Babinsa yang telah berkunjung ketempat usahanya dan memberikan motivasi.

“Kita berharap pembinaan dan kunjungan dapat lebih di tingkatkan agar terciptanya komunikasi yang baik sehingga kemanunggalan TNI dan rakyat terwujud,” kata dia.