Wujud Kepedulian, Babinsa Bantu Warga Desa Rulung Helok Buat Talud

Penulis : Heri952

INFOBERITA.ID
Serda Mujiantoro membantu warga binaan melaksanakan kegiatan kerja bakti pembuatan talud, foto : Heri Indarto/infoberita.id

INFOBERITA.ID, LAMPUNG SELATAN – Anggota Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel, Serda Mujiantoro membantu warga binaan melaksanakan kegiatan kerja bakti pembuatan talud sepanjang 50 meter didepan kediaman Bapak Suhardi 52 tahun warga Dusun Banyuwangi RT. 05 Desa Rulung Helok Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan.

Talud yang memiliki fungsi untuk memperbesar tingkat kestabilan tanah. Talud juga dibangun di daerah-daerah yang kondisi tanahnya masih labil. Kebanyakan talud sebagai dinding penahan tanah terbuat dari pasangan batu yang diperkuat campuran semen, pasir dan air.

Serda Mujiantoro berpendapat bahwa fungsi utama dari pembuatan talud adalah menahan tanah yang berada di belakangnya dari bahaya longsor akibat berat air yang berbarengan dengan tanah.

“Pembuatan talud tersebut bertujuan agar tanah tidak longsor dan air yang mengalir tidak ada hambatan, sehingga jalan sebagai transportasi dapat berdaya guna lebih lama,” ungkapnya, Selasa (14/11/2023).

Sementara menurut Serda Mujiantoro adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan karya bakti ini selain membantu warga, juga salah satu cara untuk menjalin hubungan komunikasi dengan warga di wilayah binaan.

“Jangan sungkan kalau sekiranya butuh bantuan kami nggih bapak-bapak, kami dari Koramil 421-06/Natar akan siap membantu apabila sewaktu-waktu warga membutuhkan bantuan kami”ungkapnya.

Dilokasi, Bapak Suhardi selaku pemilik rumah yang ikut kerja bakti ini mengatakan sangat berterima kasih atas kehadiran Babinsa.

“Selain bisa meringankan beban pekerjaan juga bisa menjadi motifator bagi masyarakat khususnya Desa Rulung Helok agar warga menjadi lebih giat dan bersemangat,” tukasnya.