Babinsa Masuk Dapur, Kepedulian TNI Terhadap Masyarakat Kurang Mampu

Penulis : Heri952

INFOBERITA.ID
Kegiatan "Babinsa Masuk Dapur" bertujuan untuk melihat, memantau kondisi wilayah binaan, foto : Heri Indarto

PESAWARAN – Kegiatan “Babinsa Masuk Dapur” bertujuan untuk melihat, memantau kondisi wilayah binaan di Dusun Sambung Rejo RT.08 Desa Gerning Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran, saat memantau tersebut mendapatkan salah satu warga binaan yang perlu mendapat bantuan dan perhatian khusus dari TNI.

Melihat kondisi yang ada yang serba keterbatasan, Serda Sujatmiko tergerak hatinya untuk membantu kehidupan Bapak Sukemi (83) yang hidup seorang diri menduda telah lama di tinggal Isterinya yang meninggal dunia sejak 10 tahun yang lalu.

Diterangkannya, saat ini kehidupan nya tanpa sanak dan keluarga (Sebatang Kara), anak nya yang berjumlah 3 orang merantau ke Pulau Jawa, tak kunjung kembali dan sudah lama putus komunikasi, ditambah lagi tempat tinggalnya dindingnya menggunakan anyaman bambu (gedek) yang sudah usang dimakan usia, genteng atap rumahnya banyak yang bocor, serta lantai rumahnya masih tanah, apabila di musim penghujan rumah tersebut bocor dan air masuk ke dalam rumah mengakibatkan kondisi dalam rumah tersebut becek sekali karenakan lantai nya tanah, sangat memprihatinkan sekali kehidupan Bapak Sukemi tersebut.

“Kami melihat ada salah satu warga dengan keadaan sangat memprihatinkan. Hal tersebut mengingatkan akan perintah Kasad bahwa seorang Babinsa saat ke wilayah sebisa mungkin membantu warga binaanya. Perintah tersebut adalah Babinsa Masuk Dapur. Untuk itu kami melakukan hal tersebut,” ujar Serda Sujatmiko, Selasa (12/12/2023).

Danramil 421-06/Natar Kapten Chb Agus Masgusriyanto menyampaikan bahwa sebagai Danramil sangat bangga dengan anggotanya yang telah melaksanakan program Babinsa Masuk Dapur. Hal ini sudah sesuai dengan program yang diinstruksikan oleh Kasad. Agar saat ke wilayah berusaha membantu kesulitan warga khususnya masalah ekonomi.

“Program Babinsa Masuk Dapur bertujuan untuk memastikan agar masyarakat di wilayah binaan tidak mengalami kelaparan akibat kekurangan bahan makanan. Tidak hanya itu, kegiatan tersebut juga dilakukan sebagai wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat, khususnya masyarakat kurang mampu yang ada di wilayah binaan,” tuturnya.

Sementara itu Bapak Sukemi, salah satu warga Dusun Sambung Rejo RT.08 Desa Gerning Kecamatan Tegineneng yang disambangi oleh Babinsa Koramil 421-06/Natar Serda Sujatmiko mengungkapkan terima kasih sekali atas perhatian dan bantuan Babinsa kepadanya.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa membalas semua amal kebaikan Pak Babinsa,” katanya.