Berikan Motivasi, Babinsa Komsos Bantu Pengerajin Kursi Teras

Penulis : Heri952

INFOBERITA.ID
Serda Taufik Felani menjalin Komsos sambil membantu mengecat kursi teras kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam bidang pembuatan kursi teras berbahan baku besi dan kayu, foto: Heri Indarto

INFOBERITA.ID – Banyak cara yang dilakukan Aparat Teritorial khususnya Babinsa untuk mengenal lebih dekat warga binaan dan mengetahui perkembangan situasi diwilayah binaan, salah satunya ialah menjalin Komunikasi Sosial (Komsos).

Komsos TNI merupakan bagian dari metode pembinaan teritorial yang memiliki tujuan memelihara komunikasi dan silahturahmi TNI dengan Aparat Pemerintah (Appem) khususnya dengan unsur Kementerian, Lembaga Pemerintahan non Kementerian dan Polri guna menghasilkan berbagai pemikiran yang solutif dan inovatif dalam rangka akselerasi pemulihan ekonomi nasional.

Hal tersebut dilakukan oleh Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel, Serda Taufik Felani menjalin Komsos sambil membantu mengecat kursi teras kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam bidang pembuatan kursi teras berbahan baku besi dan kayu milik Danu Saputra 45 tahun di Desa Rulung Mulya Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan.

Disela kegiatannya Serda Taufik Felani mengatakan, Komsos juga bertujuan untuk mencari informasi dan mengetahui perkembangan situasi di wilayah binaan, untuk mengetahui perkembangan situasi di wilayah tentunya perlu menciptakan kedekatan dengan warga binaan.

“Komsos yang dilakukan sudah menjadi tugas pokok sebagai seorang Babinsa untuk mencari informasi dan sarana ajang silaturahmi agar lebih dekat dan bisa menjalin kebersamaan dengan warga binaannya,” tuturnya,  Rabu (27/12/2023).

Dia juga memghimbau kepada Danu Saputra pemilik UMKM pembuatan kursi teras agar selalu menjaga mutu, kualitas kursi teras nya dan terus berinovasi dan berinovatif sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan di lingkungan dan dapat mengurangi angka pengangguran.

“Melalui Komsos kami memberikan motivasi, menyemangati dan mendengarkan apa yang menjadi keluhan para warga terkait pengembangan usaha mereka selain itu juga Komsos dengan pelaku UMKM, merupakan salah satu cara efektif untuk saling bertukar informasi dan pengetahuan,” ujarnya.

Dilokasi, Danu Saputra mengatakan, menjalankan usaha pembuatan kursi teras selain membutuhkan modal, tidak kalah penting juga dibutuhkan keuletan dan ketrampilan.

“Modal awal saya pengadaan peralatan seperti mesin las listrik, generator, mesin potong, gerinda dan peralatan pendukung lainnya, untuk harga peralatan juga bervariasi tergantung dari kualitas serta kapasitas daya yang di butuhkan,” terangnya.

Usaha ini merupakan usaha tergolong menguntungkan sekali, mengingat banyaknya konsumen yang datang memesan kursi teras, usaha ini tidak mengenal dengan musiman dan juga masih dibutuhkan oleh masyarakat

“Memandang usaha ini memiliki prospek yang cukup baik di masa depan, saya berharap apabila memiliki modal yang besar dapat memperluas usaha saya dengan membuka usaha di tempat lainnya, hal ini disebabkan oleh semakin meningkatnya permintaan pemesanan kursi teras oleh masyarakat,” ungkapnya.

Dengan begitu, kata dia, usaha bisa berkembang lebih maju dan akan menambah pendapatan saya, ekonomi saya semakin membaik serta dapat juga membantu masyarakat sekitar dengan membuka peluang pekerjaan untuk membantu dalam mengembangkan usahanya.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Babinsa yang telah singgah memberikan motivasi, bertukar ilmu pengerahuan dan membantu mengecat kursi teras, semoga silaturahmi ini tetap terjaga dengan baik, peran aktif Babinsa di wilayah binaan sangat membantu kami sebagai wadah untuk berkeluh kesah dan menyampaikan aspirasi kami,” terangnya.