HUT Kodam II/Swj Ke 78, Kodim 0421/Lamsel Gelar Karya Bakti Normalisasi Sungai Way Kandis

Penulis : Heri952

INFOBERITA.ID
HUT Kodam II/ Sriwijaya, Kodim 0421/Lamsel menggelar Karya Bakti dengan Tema "TNI Manunggal Bersama Rakyat, Mitigasi Bencana Alam", pembersihan tumpukan sampah,rumput liar di sekitar bantaran sungai dan Normalisasi Sungai Way Kandis, foto : Heri Indarto

INFOBERITA.ID, LAMPUNG SELATAN – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam II/ Sriwijaya, Kodim 0421/Lamsel menggelar Karya Bakti dengan Tema “TNI Manunggal Bersama Rakyat, Mitigasi Bencana Alam” kali ini dengan sasaran pembersihan tumpukan sampah,rumput liar di sekitar bantaran sungai dan Normalisasi Sungai Way Kandis sepanjang 650 Meter yang berada di Desa Sidosari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan.

Hadir langsung dalam kegiatan : Danramil 421-06/Natar Kapten Chb Agus Masgusriyanto beserta anggota, Danramil 421-05/Padang Cermin Kapten Cba Siswoko beserta anggota, Camat Kecamatan Natar, Supi’ah,S.Ag beserta ASN nya, anggota Koramil 421-01/Kedondong, anggota Koramil 421-02/Gedong Tataan, anggota Polri dari Polsek Natar, Satpol PP Kecamatan Natar, Kepala Desa Sidosari, Fadli Irawan dan perangkatnya, Tokoh Agama, Adat, Masyarakat, Pemuda, Pramuka, Pelajar, Ormas Laskar Merah putih serta Masyarakat Desa Sidosari.

Sebelum pelaksanaan kegiatan terlebih dahulu personel yang terlibat Karya Bakti melaksanakan apel guna menerima perintah dan petunjuk dari Komando atas, pengambil apel Danramil 421-06/Natar Kapten Chb Agus Masgusriyanto, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya mencegah terjadinya bencana banjir diwilayah dan menciptakan Lingkungan yang sehat.

“Saat ini sudah memasuki musim hujan, jadi dengan adanya pembersihan lingkungan berupa normalisasi sungai, adalah salah satu upaya pencegahan agar saluran sungai tidak terhambat serta tidak terjadi banjir, tentunya ini merupakan implementasi Perintah dari Komando atas, untuk membantu masyarakat dalam mengantisipasi Bencana banjir karena sudah memasuki musim penghujan,” jelasnya, Sabtu (9/12/2023). 

Selain melaksanakan pembersihan sungai, Anggota TNI juga melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat sekitar aliran sungai agar menjaga kebersihan air sungai dengan harapannya setelah dilaksanakan pembersihan maka tidak ada lagi masyarakat maupun para pedagang yang membuang sampah di sembarang tempat.

“Karena berbagai macam penyakit dan banjir yang sewaktu-waktu akan dapat terjadi akibat banyaknya tumpukan sampah di aliran sungai Way Kandis ini,” tandasnya. 

Ditambahkannya, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI terhadap lingkungan masyarakat di wilayah. Kami tak kan mampu dan bisa melaksanakan kegiatan tersebut tanpa dukungan dan bantuan pemerintah dan warga tentunya melibatkan semua komponen masyarakat melaksanakan gotong-royong untuk membersihkan tumpukan sampah dan normalisasi sungai,

“Sekali lagi dengan harapan dibersihkan sungai untuk menyadarkan warga agar tidak membuang sampah dialiran sungai,” tandasnya.

Sementara, Camat Kecamatan Natar, Supi’ah,S.Ag, mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginnya kepada TNI Kodim 0421/Lamsel yang telah membantu pembersihan dan Normalisasi sungai turun langsung ke sungai, juga semua pihak masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan.

“Semoga hal ini membawa kebaikan untuk masyarakat Desa Sidosari Khususnya dan Masyarakat Natar Umum nya, banjir tidak lagi terjadi di wilayah Kecamatan Natar,” tukasnya. 

Senada, Kepala Desa Sidosari, Fadli Irawan juga mengucapkan terimakasih kepada TNI Khususnya Kodim 0421/Lamsel serta seluruh komponen masyarkat yang telah peduli terhadap lingkungan diwilayah kami, terutama di aliran sungai Way Kandis.

“Memang ada beberapa saluran air yang mampet, akibat kurangnya kesadaran masyarakat. Hendaknya seluruh masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungan, serta jangan pernah membuang sampah sembarangan, karena kepedulian itu lebih penting guna menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan masing-masing,” ujarnya.

Kegiatan Pembersihan tumpukan sampah, rumput liar dan Normalisasi sungai melibatkan Tiga Pilar, TNI, Polri dan Pemerintah Kecamatan Natar difokuskan di sungai Way Kandis dengan panjang 650 Meter yang berada di Desa Sidosari.