Peduli Warga, Babinsa Bantu Gali Liang Kubur

Penulis : Heri952

INFOBERITA.ID
Serda Ahmad Anwar terjun langsung dalam proses penggalian liang kuburan sampai ke Proses Pemakaman Almarhum Bapak Supiyan Bin Zainal, foto: Heri Indarto

INFOBERITA.ID – Kemanunggalan TNI-Rakyat begitu nampak bukan hanya semboyan semata, Babinsa selalu hadir dalam meringankan kesulitan rakyat dan dapat menjadi solusi warga di sekelilingnya, Bintara Pembina Desa (Babinsa) harus selalu berada di tengah masyarakat dan peduli dengan warga Desa yang menjadi tugas binaannya.

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel, Serda Ahmad Anwar terjun  langsung dalam proses penggalian liang kuburan sampai ke Proses Pemakaman Almarhum Bapak Supiyan Bin Zainal yang meninggal karena sakit Diabetes di Dusun Citerep Desa Merak Batin Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan.

Babinsa yang dikenal humoris dan dekat dengan masyarakat ini mengatakan dirinya dapat memotivasi masyarakat dalam menjalin hubungan yang baik, serta memelihara keamanan dan ketertiban lingkungan.

“Ini adalah bentuk kebersamaan dalam menjaga kemitraan antara Babinsa dengan masyarakat, sehingga bersama rakyat TNI kuat,” ujarnya,  Minggu (24/12/2023).

Dirumah duka Babinsa Serda Ahmad Anwar juga menjelaskan awalnya mendapat laporan dari warga binan bahwa ada salah satu warga Dusun Citerep Desa Merak Batin yang meninggal dunia.

“Saya pun langsung bergegas ke rumah duka untuk melayat dan memberi bantuan seikhlasnya serta mengucapkan turut berduka cita atas berpulangnya Bapak Supiyan Bin Zainal, semoga segala amal ibadah almarhum diterima Allah SWT dan diberikan tempat yang sebaik-baiknya, kepada keluarga yang ditinggalkan semoga diberi kekuatan dan ketabahn serta keikhlasan,” tambahnya.

Dengan Kepergian Almarhum Bapak Supiyan Bin Zainal, Babinsa Serda Ahmad Anwar Merasa sangat kehilangan sosok yang menjadi panutan, karena Babinsa merasa sangat dekat dan akrab sekali dengan Almarhum.

“Almarhumah sosok yang pantas kita tiru kehidupan sehari harinya dengan kebaikannya, ramah rendah hati, rajin beribadah, bahkan sudah menganggap Almarhum seperti saudara sendiri di Wilayah Desa Binaan,” Imbuhnya.

Di Tempat Pemakaman Umum, Babinsa membantu menggali liang kubur bersama warga masyarakat
menyiapkan liang lahat Almarhum dengan semangat gotong royong dan saling bahu membahu menyiapkan liang lahat untuk Almarhum.

“Sangat tergugah hati saya untuk proses penggalian liang kuburan sampai ke proses pemakaman, Almarhum Bapak Supiyan Bin Zainal,’ tukasnya.

Dilokasi Pemakaman Kepala Desa Merak Batin Bapak Aldin sangat mengapresiasi atas keikut sertaan Babinsa dalam proses terjun langsung ikut menggali liang kubur sampai proses pemakaman Almarhum sehingga semua nya berjalan sesuai dengan rencana.

“Saya mewakili warga Desa Merak Batin juga keluarga Almarhum sangat berterima kasih sekali kepada Pak Babinsa atas kepedulian nya kepada kami sehingga tercipta nya hubungan emosional yang sangat lekat antara Babinsa dan warga, besar harapan kami semoga jalinan ini berlangsung langgeng,” ucapnya.