Tingkatkan Swasembada Pangan, Babinsa Komsos di Penggilingan Jagung

Penulis : Heri952

INFOBERITA.ID
Koptu Eviyanto Babinsa Koramil 421-06/Natar melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) di penggilingan jagung, pendampingan merontok, pengeringan dan menggiling jagung pasca panen, foto : Heri Indarto

INFOBERITA.ID, PESAWARAN – Dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat binaan dan mendongkrak perekonomian untuk menuju Swasembada pangan, berbagai upaya telah dilakukan oleh aparat Komando Kewilayaan khususnya para Babinsa di Desa Binaan, Koptu Eviyanto Babinsa Koramil 421-06/Natar melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) di penggilingan jagung, pendampingan merontok, pengeringan dan menggiling jagung pasca panen, milik Isha selaku pemilik penggilingan dan petani jagung warga Dusun Titipasan RT.12 RW.05 Desa Bumi Agung Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran.

Berbagai upaya Babinsa kepada masyarakat agar roda perputaran ekonomi dapat meningkat secara bertahap dan berlangsung secara signifikan termasuk para petani jagung khususnya, upaya peningkatan perekonomian juga dilakukan oleh Isha. seorang petani dan pemilik penggilingan jagung yang menjadi warga binaan Babinsa Koptu Eviyanto.

Isha saat di temui Babinsa Koptu Eviyanto mengatakan, penggilingan dan pengeringan jagung miliknya cukup membantu dan mempermudah masyarakat sekitar. Apabila ingin menjual hasil panen jagungnya, karena jaraknya relatif dekat dan mudah untuk menjual hasil panen jagung tersebut, walaupun ada juga petani yang lain yang menjualnya di pasar-pasar terdekat.

“Selain aktif dalam pertanian dan penggilingan jagung, ditempat ini saya juga menyediakan bibit palawija mulai dari jagung, padi, kedelai dan bibit-bibit yang lain serta menyediakan pupuk untuk petani yang membutuhkan dengan harga sesuai yang ditetapkan oleh Pemerintah dan semua ini dengan tujuan untuk membantu dan meningkatkan perekonomian para petani,” tuturnya, Senin (11/12/2023).

Dilokasi penggilingan Koptu Eviyanto mengatakan semoga tidak hanya para petani saja yang bisa berkembang, tetapi masyarakat lain yang memiliki lahan disekitar rumah bisa diolah menjadi lahan produktif dengan ditanami berbagai buah dan sayur agar dapat meningkatkan ketahanan pangan setiap warga dan kalau hasil panen banyak pastinya akan meningkatkan perekonomian secara signifikan.

“Apalagi kalau para petani maupun pihak dinas pertanian mau tampil dengan mengajarkan cara menanam berbagai bibit kepada masyarakat dengan benar, pasti akan lebih meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan mudahnya memperoleh penghasilan dari lahan produktifnya,” harap Babinsa.

Ditambahkannya, bahwa pihaknya akan selalu lakukan mendampingi serta membantu masyarakat khususnya petani dengan semaksimal mungkin, mulai dari tingkat pengolahan tanah, penanaman, pemupukan, pemanenan, penjemuran dan bahkan perontokan jagung, Babinsa akan terus dampingi para petani.

“Aksi nyata ini, merupakan hanya semata untuk mendorong para petani yang ada di wilayah Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran untuk membantu kesejahteraan masyarakat sekaligus mensukseskan swasembada pangan,” tuturnya.

Sementara, Isha pemilik penggilingan dan petani jagung mengucapkan berterima kasih atas bantuan dan apresiasi Babinsa yang telah membantu meringankan pekerjaan petani.

“Kegiatan itu, mulai dari turun ke sawah atau ladang memanen sampai proses penggilingan jagung kami, mudah-mudahan ketahanan pangan apa yang telah dicanangkan di wilayah Kecamatan Tegineneng dapat terwujud,” ungkapnya.