Wujudkan Ketahanan Pangan, Babinsa Bantu Petani Binaan Tanam Jagung

Penulis : Heri952

INFOBERITA.ID
Sertu Ayatul Komaini beserta PPL Ibu Novita, Melaksanakan pendampingan membantu kelompok tani "Sentosa Makmur" melakukan penanaman jagung di atas lahan seluas 2 Hektar, foto : Heri Indarto

INFOBERITA.ID, LAMPUNG SELATAN – Meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat dalam bidang pertanian sudah menjadi tanggung jawab bersama terkhususnya Babinsa sebagai ujung tombak TNI AD di kewilayahan teritorial.

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel, Sertu Ayatul Komaini beserta PPL Ibu Novita, Melaksanakan pendampingan membantu kelompok tani “Sentosa Makmur” melakukan penanaman jagung di atas lahan seluas 2 Hektar dengan bibit jagung Heprida F-1 di desa binaannya, Dusun Suka Bandung Desa Negara Ratu Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan.

Disela-sela kegiatannya Sertu Ayatul mengatakan bibit jagung Heprida F-1 merupakan jagung hibrida silang tunggal (single cross) yang sudah teruji baik ditanam pada dataran rendah sampai ketinggian 700 meter diatas permukaan laut, tinggi tanaman jagung super hibrida F-1 mencapai sekitar + 203 CM dengan daun berwarna hijau gelap. Batang tanaman termasuk besar, kokoh dan tegak.

Bentuknya yang oval (gepeng) dengan warna hijau ber-strip ungu (keunguan) dipastikan memang menimbulkan keyakinan petani terhadap kekuatan dari batang tanaman jagung.
Selain itu jagung super hibrida F-1 juga tergolong tahan terhadap penyakit karat daun (Puccinia sorghi), dan agak tahan terhadap penyakit hawar daun (Helminthosporium maydis).

“Bongkol jagung super hibrida F-1 bertipe Long Big Ear atau bertongkol besar dan panjang. Kedudukan tongkol jagung + 99 cm di atas tanah. Bentuk tongkolnya silindris dengan ukuran diameter yang relatif sama mulai dari pangkal hingga ujung tongkolnya, jumlah baris dalam satu tongkol jagung super hibrida F-1 berkisar 14-16 baris, sedangkan jumlah biji dalam satu baris mulai dari pangkal hingga ujung tongkol mencapai 45-50 biji,” ujarnya, Rabu (6/12/2023).

Sertu Ayatul Komaini mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat, sehingga terjalin sinergitas untuk meningkatkan capaian pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan yang optimal.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menjalin Komunikasi dengan masyarakat sekaligus memperkokoh Kemanunggalan di antara TNI– Rakyat, sebab Komunikasi Sosial (Komsos) adalah sarana bagi aparat teritorial dalam rangka lebih mempererat dan menjalin kerjasama yang baik antara Babinsa dan warga binaanya guna menunjang tugas binter di wilayah binaan,” terangnya.

Kehadiran Babinsa diwilayah merupakan wujud nyata dalam membantu mengatasi kesulitan masyarakat di wilayah binaanya dalam hal ini penyiapan lahan serta membantu pengolahan lahan dan penanaman.

“Campur tangan dan keterlibatan Babinsa Desa Negara Ratu pada hari ini merupakan cara untuk meringankan beban petani dalam menggarap lahan dan menanam tanaman jagung, guna mempercepat tanam agar segera terwujud,” tukasnya.

Sementara, Ketua Kelompok Tani Sentosa Makmur, Zulkarnain mengaku sangat senang dengan adanya Babinsa untuk membantu disaat kami sedang menanam jagung di lahan seluas 2 Hektar.

”Kami sangat terbantu dengan adanya pak Babinsa ikut selalu terjun ke lahan dalam membantu percepatan mengolah lahan dan menanam jagung,“ ungkapnya.