Babinsa Tinjau Petani Binaan Tanam Bibit Buah Blewah

Penulis : Heri952

INFOBERITA.ID
Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel, Sertu Ayatul Komaini bersama perangkat desa meninjau penanaman buah blewah, foto: Heri Indarto

INFOBERITA.ID – Kehadiran Babinsa di tengah-tengah masyarakat diharapkan terus memberikan motivasi agar warga tetap bersemangat dalam bertani, Babinsa sejatinya merupakan ujung tombak satuan kewilayahan untuk itu harus berperan aktif disetiap kegiatan, salah satunya yaitu mensukseskan Program Pemerintah dalam hal Ketahanan Pangan.

Seorang Babinsa di wilayah tidak hanya melaksanakan komunikasi sosial (komsos) maupun kegiatan kemasyarakatan namun juga turut serta membantu mensukseskan Program Swasembada Pangan Nasional.

Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel, Sertu Ayatul Komaini bersama perangkat desa meninjau penanaman buah blewah dilahan milik  Bapak Dino seluas 2 Hektar di Dusun Negara Ratu 2 Desa Negara Ratu, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan.

Sertu Ayatul Komaini mengatakan, Penanaman bibit buah blewah yang sudah berumur 15 hari tersebut ditanam dilahan 2 Hektar milik Bapak Dino, buah blewah dipersiapkan untuk menyambut bulan suci ramadhan.

“Perkiraan dibulan suci Ramadhan buah blewah sudah bisa di panen. Saat dibulan puasa, buah blewah salah satu makanan yang di cari untuk menu berbuka puasa. Hasil dari penjualan untuk menambah penghasilan petani memenuhi kebutuhan sehari-harinya,” ujarnya, Kamis (25/1/2024).

Ditambahkannya, dengan terjun langsung mendampingi para petani, harapannya akan menjadi motivasi bagi para petani dalam peningkatan hasil panen untuk menambah tingkat perekonomian warga serta mewujudkan program ketahanan pangan khususnya di wilayah Kecamatan Natar.

Kegiatan pendampingan pertanian ini sudah menjadi bagian tugas Babinsa yang harus dilaksanakan sebagai salah satu wujud pemberdayaan wilayah bidang pertanian guna meningkatkan dan mempertahankan ketahanan pangan wilayah.

“Kami para Babinsa akan selalu mendampingi para petani di wilayah binaan mulai dari pengolahan lahan sampai dengan masa panen, hal ini merupakan bentuk pendekatan emosional terhadap masyarakat binaan guna meningkatkan ketahanan pangan dan mensukseskan program Swasembada Pangan di wilayah,” imbuhnya.

Dilokasi, Bapak Dino mengucapkan terimakasih kepada Babinsa yang selalu aktif memberikan motivasi dan semangat bercocok tanam yang baik. Bahkan tak sungkan-sungkan selalu bersama-sama warga menggarap lahan dari awal sampai panen.

“Terima kasih dengan adanya pendampingan dari Babinsa yang telah memberikan motivasi kepada kami dari masa tanam sampai saat panen tiba,” tuturnya.