Babinsa Dampingi Petani Binaan Panen Singkong

Penulis : Heri952

INFOBERITA.ID
Koptu Sugito bantu petani binaan panen singkong, foto : Heri Indarto

INFOBERITA.ID-Kedekatan Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel dengan Masyarakat dalam kesehariannya terus saling berinteraksi melalui kegiatan Komsos, sehingga timbul rasa kepercayaan dan empati Masyarakat kepada para Babinsa di Wilayah Binaannya, hal ini dibuktikan dengan kehadiran Babinsa Koramil 421-06/Natar Koptu Sugito di kebun Singkong (Ketela Pohon) milik Bapak Bambang 55 tahun Petani binaan di Dusun Purworejo Desa Rejo Agung Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran.

Disela kegiatannya, Koptu Sugito menjelaskan pendampingan Babinsa kepada petani terus dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan swasembada dan ketahanan pangan diwilayah dan memberikan motivasi kepada para petani dalam meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian para petani di Desa binaan, juga untuk menjalin Komunikasi dengan masyarakat sekaligus memperkokoh Kemanunggalan TNI–Rakyat.

“Singkong atau ketela pohon merupakan tanaman yang memiliki karbohidrat yang cukup tinggi sehingga dapat digunakan sebagai alternatif pengganti beras, Ketela pohon merupakan umbi-umbian yang kaya kalori dan mengandung banyak karbohidrat serta mineral, selain itu, singkong juga sumber vitamin C, tiamin, riboflavin, dan niasin yang baik, bukan cuma akarnya, daun singkong juga bisa dimasak dan dikonsumsi, karena mengandung protein hingga 25 persen,”jelas Babinsa Koptu Sugito, Jumat (26/1/2024).

Babinsa Rejo Agung menambahkan, hasil dari panen singkong dapat di manfaatkan sebagai bahan pangan pokok dan bisa dijual ke pasar yang memiliki nilai jual cukup tinggi sehingga bisa menopang perekonomian petani.

“Sebagain besar warga Desa Rejo Agung adalah petani untuk itu sektor pertanian merupakan tulang punggung dan urat nadi perekonomian mereka diharapkan para petani di Desa Rejo Agung agar lebih giat lagi dalam bertani sehingga kebutuhan ekononi mereka bisa terpenuhi,”ujar Babinsa.

Dilokasi panen singkong Bapak Bambang selaku pemilik kebun mengatakan, daun ubi bisa dimanfaatkan untuk sayur dan singkongnya bisa dijual sebagaian untuk di makan sebagai penganti makanan pokok, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan.

Semoga panen singkong kali ini memperoleh hasil yang bagus dari tahun sebelumnya, sehingga selain bisa untuk konsumsi sendiri, hasilnya juga bisa untuk di jual ke pasar, guna memenuhi tambahan pemasukan memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.

“Terima kasih Pak Babinsa yang sudah mendampingi, membimbing kami dari mulai pengaadaan bibit, olah lahan, pemupukan, perawatan sampai panen pun selalu mendampingi kami para petani, sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Babinsa yang selalu hadir di tengah tengah petani dan Masyarakat, “tutur Pak Bambang.