Musim Tanam, Babinsa Turun Ke Sawah Bantu Petani Menyiapkan Bibit Padi

Penulis : Heri952

INFOBERITA.ID
Wujud nyata dukungan TNI mendukung ketahanan pangan terjun langsung ke sawah membantu para petani, foto : Heri Indarto

INFOBERITA.ID – Berbagai upaya khusus untuk mendukung program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan serta wujud nyata dukungan TNI khususnya prajurit kewilayahan yaitu Babinsa dalam mendukung ketahanan pangan, berperan aktif dengan ikut serta terjun langsung ke sawah membantu para petani binaannya saat mengolah lahan, menyiapkan bibit padi dan menanam padi, inilah yang dilakukan oleh para Babinsa kepada para petani warga Desa binaannya, sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap para petani binaannya.

Hal tersebut dilakukan oleh Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel, dengan penuh rasa semangat Sertu Heri Indarto menumbuhkan semangat tinggi terhadap para petani dalam melakukan penyiapan bibit padi (Mendawot) untuk ditanam, bukan hanya saat panen padi saja tetapi juga di saat penyemaian bibit padi, pengolahan lahan sawah, perawatan sampai panen padi.

Seperti saat ini yang sedang melaksanakan penyiapan bibit padi untuk di tanam milik Suprayitno (55) dengan luas lahan 0,5 Hektar jenis bibit padi Infari 32 Petani di Dusun Kaliasin III RT.12 Desa Kalisari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan.

Dilokasi persawahan saat menyemai bibit padi, Sertu Heri Indarto mengungkapkan, Babinsa dalam mendukung Ketahanan Pangan (Hanpangan) ikut serta terjun langsung ke sawah untuk membantu para petani binaannya mulai dari menyiapkan bibit padi sampai memanen padi agar terwujudnya kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Pendampingan penyiapan bibit padi ini juga salah satu upaya mempercepat proses masa menanam padi yang sedang dilakukan petani Desa binaan, kegiatan tersebut tentunya bukan hanya dilakukan waktu penyiapan bibit padi saja, akan tetapi saat penyemaian bibit padi, pengolahan lahan sawah, pemupukan hingga perawatan sampai panen, Babinsa terus mendampingi para Petani di Desa Binaannya,” ujarnya, Rabu (3/1/2024).

Lanjutnya, kepedulian Babinsa terhadap para petani di wilayah binaan dengan turun ke sawah membantu warga diharapkan dapat memberikan motivasi dan nilai positif bagi petani agar lebih bersemangat dalam mengolah lahan pertaniannya.

“Babinsa selalu menjadi yang terdepan dalam segala kegiatan, terutama dalam pendampingan dalam program swasembada pangan. keberadaan Babinsa sendiri adalah sebagai penggerak kemajuan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Sementara, Danramil 421-06/Natar Kapten Chb Agus Masgusriyanto dalam rilisnya menjelaskan kepada awak media bahwa TNI selalu siap menjadi garda terdepan dalam mendampingi para petani, dengan cara mengoptimalkan peran aktif para Babinsa di Desa binaannya.

“Siap berkoordinasi dengan pihak terkait serta pihak manapun demi suksesnya program pemerintah dalam swasembada pangan,” ucapnya.

Lebih lanjut Danramil memerintahkan kepada seluruh Babinsa untuk memberikan pendampingan terhadap petani agar dapat meningkatkan hasil panen mereka.

“Kita arahkan Babinsa agar mendampingi petani semaksimal mungkin, tujuannya adalah untuk meningkatkan hasil panen sehingga dapat menjaga ketahanan pangan dan mensejahterakan para petani,” jelasnya.

Dilokasi, Suprayitno pemilik lahan mengucapkan terimakasih karena sudah dibantu oleh Babinsa.

“Kami sangat senang dan berterima kasih karena bapak Babinsa selalu ada untuk membantu kami warga kecil, semoga selalu diberikan kesehatan dan kelancaran dalam melaksanakan tugas-tugasnya,” tuturnya.