Tingkatkan Swasembada Pangan, Babinsa Dampingi Petani Mupuk Padi

Penulis : Heri952

INFOBERITA.ID
Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel, Sertu Heri Indarto melaksanakan kegiatan pendampingan pemupukan dasar tanaman Padi

INFOBERITA.ID – Pertanian masih menjadi tulang punggung ekonomi sebagian besar masyarakat, oleh karena itu peran Babinsa sangatlah vital dalam menjaga dan meningkatkan produktivitas pertanian diwilayah binaan, Babinsa memiliki peran penting dalam membantu mendamping para petani, hal ini dilakukan guna mendongkrak perekonomian masyarakat agar memiliki Ketahanan Pangan yang kuat sehingga terwujudnya program pemerintah dalam ketahanan pangan Nasional.

Sebagai upaya khusus percepatan pencapaian swasembada pangan diwilayah, Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel, Sertu Heri Indarto melaksanakan kegiatan pendampingan pemupukan dasar tanaman Padi dilahan Bapak Agus Sutrisno di Dusun Kaliasin III RT.11 Desa Kalisari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan.

Disela kegiatannya Sertu Heri Indarto mengatakan pemupukan dasar di awal masa pertumbuhan berfungsi untuk menyiapkan nutrisi bagi tanaman di fase awal pertumbuhan, Pemupukan tanaman padi ini berlangsung selama masa tanam dengan rentang umur yang tak terlalu jauh, capaian produksi gabah bisa maksimal jika perawatan tanaman dilakukan tepat dan benar, terlebih saat pemupukan harus dilakukan secara terjadwal berdasarkan fase pertumbuhan tanaman.

“Pemupukan tanaman padi ini bertujuan untuk memaksimalkan capaian hasil panen, sehingga diharapkan dengan kenaikan produktifitas hasil panen maka pendapatan petani akan bertambah dan program swasembada pangan akan tercapai, termasuk pemupukan yang harus dilakukan untuk kesuburan tanaman padi dan tentunya jenis pupuk, takaran atau dosis juga harus tepat dan dikonsultasikan kepada PPL selaku pendamping,” ujarnya, Rabu (17/1/2024).

Babinsa menambahkan kegiatan yang dilakukannya merupakan salah satu upaya untuk mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan dan untuk mempererat kedekatan dengan warga binaannya.

“Kegiatan ini juga untuk mendorong dan memotivasi warga binaan dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat, Mengingat mayoritas masyarakat di pedesaan sektor pertanian dijadikan salah satu profesi andalan oleh karena itu ini berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi,” imbuhnya.

Danramil 421-06/Natar, Kapten Chb Agus Masgusriyanto dalam rilis keterangan nya mengatakan, kehadiran Babinsa dalam pendampingan pertanian merupakan upaya khusus untuk meningkatkan ketahanan pangan mempercepat pencapaian swasembada pangan

“Dengan adanya Babinsa turun ke sawah membantu meringankan pekerjaan para petani, yang manfaatnya akan dimiliki para petani itu sendiri, paling tidak mengajak dan memotivasi para petani untuk senantiasa meningkatkan produksi pertaniannya,” tukas Danramil.

Dilokasi persawahan Bapak Agus Sutrisno, selaku pemilik sawah seluas 1/4 Hektar mengucapkan terima kasih dan senang dengan keberadaan Babinsa yang selalu hadir ditengah tengah rakyat, selalu mendampingi petani serta memberikan motivasi semangat dibidang pertanian.

“Semoga Babinsa selalu sukses dan mampu menjalankan tugas sebagai aparat kewilayahan yang menjadi kebanggaan rakyat,” tuturnya.