Danramil 421-06/Natar Hadiri Acara Pengukuhan dan Penyerahan SK Perpanjangan Masa Jabatan Kades Sekecamatan Natar

INFOBERITA.ID

INFOBERITA.ID – Komandan Koramil 421-06/Natar, Kapten Cke, Agus Masgusriyanto menghadiri acara pengukuhan dan penyerahan surat keputusan Bupati Lampung Selatan tentang perpanjangan masa jabatan Kepala Desa (Kades) berdasarkan Undang-Undang No. 3 tahun 2024. Acara ini berlangsung di Lapangan Dwi Darma Desa Negara Ratu Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (04/07/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, mengucapkan, secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan mengucapkan selamat dan sukses kepada 25 kepala desa se-Kecamatan Natar yang telah saya kukuhkan dan menerima SK Bupati atas perpanjangan masa jabatannya tersebut.

Perpanjangan masa jabatan Kepala Desa merupakan Amanat Undang-undang (UU) Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Secara normatif jabatan Kepala Desa sebelumnya hanya 6 Tahun dengan masa jabatan hanya sampai 3 periode.

Namun setelah berlakunya UU Nomor 3 Tahun 2024 pada Tanggal 25 April 2024, masa jabatan Kepala Desa diperpanjang menjadi 8 Tahun dan hanya boleh menjabat selama 2 periode saja. Perpanjangan masa jabatan Kepala Desa ini merupakan mutlak dari aspirasi para Kepala Desa seluruh Indonesia yang disampaikan kepada DPR RI pada Tahun 2023 lalu.

“Saya ingatkan, saat ini Indeks Inovasi Daerah kita berada pada posisi yang sangat inovatif dengan nilai 62,06 poin, berada diposisi 28 dari 415 Kabupaten se-Indonesia. Dan kita berhasil memperoleh predikat Kabupaten Sangat Inovatif pada ajang penghargaan IGA Kemendagri Tahun 2023, namun kita juga harus terus berupaya untuk meningkatkan indeks inovasi daerah kita,” ujarnya.

Dikatakannya, Pemerintah Lampung Selatan sangat intensif berupaya mengatasi permasalahan daerah seperti stunting dan kemiskinan ekstrim. Walau angka kemiskinan kita sudah berada diangka 12,97 persen, namun kita tetap berupaya dan berharap tingkat kemiskinan tersebut terus menurun.

“Salah satu upaya kita dalam penurunan kemiskinan ekstrim adalah dengan program bedah rumah bagi masyarakat yang Rumahnya Tidak Layak Huni. Sejak Tahun 2017 sampai 2024 sebanyak 4.564  RTLH yang tersebar di seluruh Kabupaten Lampung Selatan telah dibantu perbaikannya dan terus akan bertambah pada Bulan Juli ini,” tuturnya.

Tambahnya, ada peran penting kepala desa didalam mensukseskan program Bedah Rumah dan Percepatan Penurunan Stunting. Oleh karena itu, saya minta kepala desa bersama perangkatnya dapat bersinergi dengan Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Lampung Selatan untuk melaksanakan program percepatan penurunan stunting di desanya masing-masing,” ucap Bupati

Karena sejauh ini prevalensi kasus stunting terjadi penurunan yang sangat signifikan, dari 30 persen di Tahun 2020 turun menjadi 9,9 persen di Tahun 2022. Dan ditargetkan Tahun 2024 ini kita bisa berada di bawah 5 persen sehingga Kabupaten Lampung Selatan bebas Stunting dapat segera terwujud.

Perpanjangan masa jabatan ini harus dimaknai sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri kearah perubahan yang lebih baik. Isilah kesempatan Dua Tahun penambahan masa jabatan saudara dengan sebaik mungkin dalam melayani kepentingan masyarakat saudara.

Selain itu, perpanjangan masa jabatan ini harus ditindaklanjuti dengan Menyusun Kembali Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) untuk jangka waktu dari 6 Tahun menjadi 8 Tahun, sehingga secara konkrit poin perubahan yang dimasukan adalah rencana pembangunan untuk 2 Tahun kedepan yang belum tertuang di dalam RPJMDes.

“Saya sangat berharap kepala desa menjadi garda terdepan memberikan contoh baik kepada warganya. Mari kita jaga keamanan dan ketertiban dengan menciptakan suasana damai, demokratis dan bermartabat guna mensukseskan Pilkada serentak 2024,” tukasnya.

“Terakhir saya ucapkan selamat kepada 35 warga yang tersebar di 13 Desa di Kecamatan Natar yang telah mendapatkan Bantuan Bedah Rumah secara simbolis. Mudah-mudahan bantuan ini dapat membantu bapak ibu semua untuk memiliki rumah yang layak huni. Dan tak lupa saya juga mengajak kita semua untuk berkomitmen dan bahu membahu bersama pemerintah daerah bergotong-royong menuntaskan permasalahan Rumah Tidak Layak Huni di Kabupaten Lampung Selatan. Selamat bekerja, jadilah pemimpin desa yang inovatif, yang mampu membawa perubahan desa menjadi lebih maju, agar berdampak kepada kesejahteraan masyarakat. Semoga sukses membangun Desanya masing-masing,” tutup Bupati Lamsel

Danramil 421-06/Natar, Kapten Cke Agus Masgusriyanto dalam kesempatan tersebut juga Beliau mengucapkan selamat atas dikukuhkannya perpanjangan jabatan Kades Sekecamatan Natar.

“Perpanjangan masa jabatan Kades dari 5 tahun masa jabatan menjadi 8 tahun masa jabatan,” tuturnya.

Danramil juga berpesan kepada para kepala desa untuk selalu bersyukur atas perpanjangan masa jabatan ini dan mengharapkan agar para kepala desa memiliki semangat baru dalam mengabdi kepada masyarakat, dengan perpanjangan masa jabatan ini.

“Saya berharap saudara kepala desa mempunyai semangat baru dalam mengabdi. Teruslah bersyukur dan berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” pesan Kapten Cke Agus Masgusriyanto.

“Acara ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah dalam memastikan kelanjutan kepemimpinan di tingkat desa berjalan dengan baik, serta sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja para kepala desa yang telah menunjukkan dedikasi tinggi dalam menjalankan tugas-tugasnya,” tandasnya.

Penulis : Heriindarto952