Ada Saung Ende di Kota Serang, Cobain Deh Rasanya ‘Ah.. Mantab ! ‘

Avatar
KOTA SERANG – Wisata kuliner tak pernah kehabisan cerita, tengok saja Saung Ende yang terletak di Desa Jakung, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Provinsi Banten.
Jeli melihat peluang ditengah pandemi, Saung Ende ‘pede’ mengusung konsep kuliner kekinian digabung dengan wisata perbukitan mengapit sungai yang masih alami.
Pencetus ide sekaligus si pemilik yang familiar di sapa pak lurah alias Bahtiar, mungkin tak pernah terlintas di benaknya jika bisnis wisata kulinernya akan viral seperti sekarang.
Para pengunjung yang datang, selalu dimanjakan dengan menu kuliner khas Banten semisal pecak bandeng, garang asem ayam kampung, gurame bakar, pelecing kangkung, pepes peda tak ketinggalan jengkol goreng balado plus lalapan.
Saung Ende juga memiliki menu makanan minuman untuk memanjakan anak-anak milenial. Semisal, otak-otak singapore, dimsum, kensos, mie ayam hits. Aneka minuman pun tak kalah update ada capuccino durian, salad buah dan yang paling dicari puding kelapa muda.
Menariknya, pengelolaan tempat wisata kuliner yang terhampar diatas lahan seluas sekitar 1 hektare itu berkolaborasi dengan anak-anak muda.

Dari pengaturan ruang parkir, pengamanan, pegawai hingga penyewa konter makanan hampir sepenuhnya dikuasai muda mudi yang ramah, murah senyum dan menjaga estetika dalam memanjakan para pengunjung.
Reza (24) salah satu penyewa konter aneka minuman gaul di Saung Ende menceritakan, usaha yang dirintisnya terbilang ramai dari semenjak bergabung hingga hari ini.
Berkat inovasi coba-coba, puding kelapa muda dan es teler kelapa muda begitu dicari dan dinanti para pengunjung.
“Alhamdulillah, tiap hari ada aja pengunjung. Apalagi kalau weekend (Sabtu dan Minggu, red.) mah rame banget bro,” ujar Reza dengan logat khas Serang.
Senada, Rosi (23) pengunjung yang sering mampir bercerita jika dirinya dan kawan-kawan tak pernah bosan untuk mampir ke Saung Ende.
“Penataan saungnya itu instagramable banget jd penginya kesini terus. Apalagi, harga menu snack sama soft drinknya sesuai anak muda banget,” kata Rosi penuh puja puji.
Bagi Warga Lampung dan sekitarnya, bisa pertimbangkan opsi untuk mampir sejenak melepas lelah ke Saung Ende. Menikmati pemandangan bukit hijau dan sungai alami dari saung bambu sembari mencicipi aneka kuliner unggulan. (han)