Ikut Ronda Malam, Tingkatkan Keamanan dan Sarana Komsos Babinsa

Penulis : Heri952

INFOBERITA.ID
Babinsa Koramil 421-06/Natar melakukan kegiatan Siskamling atau ronda diwilayah binaan, foto : Heri Indarto/infoberita.id

INFOBERITA.ID, LAMPUNG SELATAN – Dalam rangka mengamankan lingkungan masyarakat dari gangguan Kamtibmas seperti pencurian, curanmor dan gangguan kamtibmas lainnya, Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel, Sertu Heri Indarto melakukan kegiatan Siskamling atau ronda diwilayah binaan bersama dengan anggota Linmas dan warga di Desa Kalisari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel).

Sertu Heri Indarto mengatakan, setiap malam secara bergiliran kegiatan jaga malam dan patroli keamanan lingkungan ini dilaksanakan oleh warga Desa Kalisari, secara acak menurut perkembangan situasi wilayah dan memastikan keamanan pelaksanaan jaga serta patroli yang dilaksanakan di beberapa pos ronda yang ada di Desa Kalisari.

Dia juga memberikan pengarahan kepada para orang tua agar jangan memberikan izin bagi anak-anaknya keluyuran hingga larut malam karena itu dapat memberikan dampak yang tidak baik.

“Bisa terpengaruh melakukan aksi kejahatan ketika diajak oleh rekan-rekannya dan bisa juga menjadi korban kejahatan,” ujarnya, Senin (30/10/2023).

Menurutnya para orang tua harus belajar dari pengalaman kasus begal yang kerap terjadi beberapa waktu lalu, akibat keteledoran orang tua sehingga anak-anaknya yang baru menginjak masa remaja sudah ikut-ikutan melakukan aksi pembegalan tersebut.

“Tidak sedikit remaja menjadi korban tawuran, korban begal dan menjadi pelaku kejahatan karena berada di luar rumah dimalam hari,” tukasnya.

Pada kesempatan tersebut, Sertu Heri Indarto memberikan pemahaman terhadap warga agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing.

“Kita harus tetap waspada terhadap aksi pencurian, jangan sampai kita lengah sehingga memberikan peluang bagi pencuri untuk melakukan aksinya,” pungkasnya.

Ditambahkannya, pelaksanaan patroli sambang pos ronda merupakan wujud kepedulian agar kesadaran warga timbul dengan sendirinya dalam menjaga Kamtibmas dilingkungannya serta menunjukkan bahwa TNI selalu ada di tengah tengah masyarakat guna memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan mendatangi pos ronda desa binaan, selain memberi motivasi kepada masyarakat juga memberikan himbauan-himbuan kepada yang melaksanakan ronda malam agar mempererat jalinan silaturahmi dan selalu menjaga Kamtibmas,” tuturnya.

Sambang ke pos ronda, lanjut dia, untuk mengetahui sejauh mana kesadaran warga dalam melaksanakan ronda malam, sehingga keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dapat terjaga.

“Menjaga keamanan dan ketertiban wilayah bukan hanya tugas tanggung jawab aparat keamanan saja, tetapi peran aktif masyarakat yang bersinergi dengan aparat keamanan dan aparat pemerintahan sangat diperlukan, agar kondusivitas wilayah dapat terwujud,” kata Sertu Heri Indarto.

Dilokasi Pos Ronda, seorang warga yang sedang melaksanakan ronda malam, Edi mengucapkan terima kasih kepada Babinsa sudah mengontrol dan mengecek kami dan memberi arahan tentang Kamtibmas

“Kunjungan Babinsa ke Poskamling atau ke pos- pos ronda malam dapat meningkatkan kemanunggalan TNI Polri dengan warganya dan masyarakat merasa terlindungi dan merasa aman,” tuturnya.

Terpisah, Danramil 421-06/Natar Kapten Chb Agus Masgusriyanto menyampaikan siskamling malam untuk menjaga keamanan diwilayah, baik dengan berjalan kaki ataupun menggunakan kendaraan bermotor, dengan setiap jalan dan gang perumahan warga yang termasuk dalam satu lingkungan atau yang bersangkutan.

Melalui rutinitas siskamling, Babinsa mengajak kepada warga masyarakat serta anggita keamanan perumahan untuk bekerjasama bahu membahu menjaga keamanan dan ketertiban untuk kenyamanan dan keamanan kehidupan bermasyarakat. Jangan kita takut untuk menjaga wilayah kita ini dari mereka yang dengan sengaja ingin mengganggu ketentraman dan kenyamanan kita.

”Pada intinya menjaga keamanan dari segala macam tindak kriminal, sebagai upaya antisipasi dalam penanganan masalah yang ditimbulkan karena adanya gangguan keamanan masyarakat dan musibah atau pun bencana alam, sebagai sarana mempererat tali silaturahmi antar masyarakat dan meningkatkan rasa kebersamaan antar para warga binaan,” kata Danramil.