Pererat Kebersamaan, Serda Epus Gotong Royong Bangun Rumah Warga

Penulis : Heri 952

INFOBERITA.ID
Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel Serda Epus gotong-royong bangun rumah warga binaannya, foto : Heri Indarto / infoberita.id

INFOBERITA.ID, PESAWARAN – Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel Serda Epus turut serta berjibaku gotong royong mengaduk adonan pasir dan semen sebagai bahan membangun rumah milik Samingun warga Dusun Serba Maju RT.03 Desa Trimulyo Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran.

Serda Epus mengatakan kegiatan ini merupakan wujud kebersamaan dan berperan aktif membantu mengatasi kesulitan rakyat sudah menjadi salah satu tanggung jawab yang mutlak bagi prajurit Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil).

“Babinsa merupakan garda terdepan dan ujung tombak Satkowil yang bersentuhan langsung dengan warga binaan diwilayah,” ujarnya, Kamis (26/10/2023).

Hal semacam ini sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kami sebagai Babinsa guna membantu meringankan beban masyarakat. Oleh sebab itulah, kami dituntut untuk selalu sigap dan tanggap dalam mengatasi kesulitan masyarakat.

“Momen ini juga bisa mewujudkan rasa senasib sepenanggungan, keharmonisan maupun silaturahmi yang dapat memperkuat Kemanunggalan TNI dengan Rakyat,” Imbuhnya.

Sementara, Danramil 421-06/Natar Kapten Chb Agus Masgusriyanto menyampaikan, karya bakti atau gotong royong yang dilakukan oleh Babinsa bersama warga dalam pembangunan rumah tersebut merupakan bentuk usaha dan upaya Babinsa dalam rangka menjalin kebersamaan dan kerjasama dengan warga yang ada diwilayah binaan.

“Tentu tujuan utamanya ialah untuk meringankan beban masyarakat guna mencapai kesejahteraan terutama yang menyangkut kebutuhan Primer,” tukasnya.

Karena membantu meringankan beban masyarakat juga tanggung jawab seorang Babinsa, dan bentuk usaha bersama agar terjalin usaha saling membantu serta bergotong royong sekaligus sebagai ajang untuk menjaga kekompakan dan keharmonisan antara Babinsa dan warga ataupun antara warga dengan warga lainnya. Seorang Babinsa memang dituntut untuk peka dan peduli sehingga harus selalu ada ketika warganya membutuhkan pertolongan baik diminta ataupun tidak.

“Jajaran Babinsa kami akan selalu siap kapanpun dan dalam situasi apapun, Babinsa pasti selalu hadir ke tengah-tengah masyarakat untuk mengatasi kesulitan rakyat. Dimana ada kesulitan masyarakat disitu akan ada Babinsa,” tegas Danramil.

Dilokasi, pemilik rumah Samingun menyampaikan terima kasih kepada Babinsa yang telah peduli dalam membantu proses pembangunan rumahnya.

“Semoga keakraban dan kekompakan seperti sekarang ini dapat terus diterapkan kepada penerus generasi muda kita,” tuturnya.