Ringankan Beban, Babinsa Bantu Warga Binaan Panen Terong Hijau

Penulis : Heri952

INFOBERITA.ID
Serda Anton Wahyudi melaksanakan pendampingan kepada Bapak Marsito petani binaan yang sedang memanen tanaman Terong Hijau, foto : Heri Indarto

INFOBERITA.ID, LAMPUNG SELATAN – Pembinaan ketahanan pangan kewilayahan terus ditingkatkan oleh Aparat TNI diwilayah khususnya Aparat Teritorial, seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel, Serda Anton Wahyudi melaksanakan pendampingan kepada Bapak Marsito petani binaan yang sedang memanen tanaman Terong Hijau di Dusun Srimukti Desa Sriwedari Kecamatan Tegineneng Kabupaten Lampung Selatan.

Babinsa Serda Anton Wahyudi di sela sela kegiatannya mengatakan, bahwa pendampingan yang dilakukannya mulai dari tahap pengolahan lahan sampai dengan panen sebagi upaya untuk memberikan dorongan motivasi serta untuk mendukung ketahanan pangan diwilayah binaan.

“Terong (Solanum Melongena) adalah tumbuhan penghasil buah yang dijadikan sayur-sayuran. Asalnya dari Negara India dan Srilanka, Terong berkerabat dekat dengan kentang dan leunca, dan agak jauh dari tomat, terong sering ditanam secara tahunan,tanaman ini tumbuh hingga 40–150 cm (16-57 inci) tingginya. Daunnya besar, dengan lobus yang kasar. Ukurannya 10–20 cm (4-8 inci) panjangnya dan 5–10 cm (2-4 inci) lebarnya,” ujarnya, Kamis (30/11/2023).

Ditambahkannya, Jenis-jenis setengah liar lebih besar dan tumbuh hingga setinggi 225 cm (7 kaki), dengan daun yang melebihi 30 cm (12 inci) dan 15 cm (6 inci) panjangnya. Batangnya biasanya berduri. Warna bunganya antara putih hingga ungu, dengan mahkota yang memiliki lima lobus. Benang sarinya berwarna kuning. Buah tepung berisi, dengan diameter yang kurang dari 3 cm untuk yang liar, dan lebih besar lagi untuk jenis yang ditanam.

“Cara menanam tanaman terung adalah disemai, setelah tumbuh 4 daun sejati kemudian ditanam (dijadikan bibit terlebih dahulu). Panen dimulai pada usia 70-80 hari setelah semai selanjutnya setiap 5 hari sekali,” tukasnya.

Dikatakannya, kegiatan yang dilakukan dalam membantu petani daerah binaan untuk memanen buah terong merupakan upaya dalam membantu meningkatkan perekonomian pada petani, buah terong dapat memiliki nilai jual untuk dijadikan sebagai tambahan pemasukan bagi para petani dalam meningkatkan perekonomian keluarga, karena kebutuhan pasar dan masyarakat sangat memerlukan buah terong tersebut untuk dikonsumsi.

“Agar mendapat hasil maksimal di butuhkan perawatan yang baik salah satunya rajin disiram agar tanah selalu lembab serta dibersihkan nya rumput rumput liar atau gulma di sela sela tanaman terong dan memberikan pemupukan yang baik dan tepat waktu,” kata dia.

Pemilik lahan bapak Marsito diwaktu yang sama mengucapkan terima kasih atas kerjasama keterlibatan langsung Babinsa dalam membantu merawat, memanen tanaman terong mulai dari pembibitan, penyiapan lahan sampai dengan panen.

“Semoga hasilnya melimpah bisa menopang kehidupan kami sebagai petani,” tukasnya.

Sementara, Danramil 421-06/Natar Kapten Chb Agus Maagusriyanto saat di konfirmasi mengatakan, diharapkan bantuan serta perhatian Babinsa ini mampu membantu pemerintah dalam menciptakan swasembada pangan diwilayah binaan.

“TNI melalui Babinsa ditingkat desa terus memberikan dukungan serta semangat kepada petani,”terangnya.