Anggota Koramil 421-06/Natar Gotong-royong Bedah Rumah Tidak Layak Huni

Penulis : Heri952

INFOBERITA.ID
Anggota Koramil 421-06/Natar gotong royong bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), foto : Heri Indarto

INFOBERITA.ID, LAMPUNG SELATAN – Pemerintahan Desa (Pemdes) Merak Batin dan pihak Kecamatan dibantu anggota Koramil 421-06/Natar gotong royong bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dengan sumber dana bantuan dari Dinas Perkim Kabupaten Lampung Selatan.

Kebahagiaan tampak di wajah keluarga Bapak Ujang Isak (60) keluarga kurang mampu / Keluarga Prasejahtera di Dusun Banjarejo RT.001 Desa Merak Batin Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Selama ini mereka menempati rumah sangat tidak layak huni.

Dilokasi bedah RTLH, anggota Koramil 421-06/Natar yang diwakili oleh Babinsa Desa Merak Batin Serda Ahmad Anwar mengatakan Kegiatan Karya Bakti membantu bedah rumah ini dalam rangka mendukung program dari Komando atas tentang bedah RTLH bagi masyarakat tidak mampu.

“Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena target dari program membantu warga yang kurang mampu, kegiatan akan dilakukan secara bergotong royong dan bedah rumah ini merupakan wujud kepedulian TNI yang bersinergi dengan pemerintah dan warga setempat,” ujarnya, Jumat (1/12/2023).

Dijelaskannya, diketahui bersama rumah milik bapak Ujang Isak kondisinya sangat memprihatinkan dan sudah tidak layak di huni dengan adanya program bedah rumah ini Koramil 421-06/Natar bersama Pemdes Merak Batin serta warga melakukan bedah rumah tersebut.

“Banyak manfaat yang diperoleh dari gotong-royong bedah rumah ini selain untuk meningkatkan hubungan komunikasi juga berguna mendekatkan diri dengan masyarakat diwilayah binaan, agar berjalan dengan baik sehingga kemanunggalan TNI dengan rakyat dapat terwujud,” tukasnya.

Selain untuk membantu pekerjaan bedah rumah, kegiatan ini juga merupakan tugas dan tanggung jawab Babinsa sebagai aparat komando kewilayahan, untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang manfaatnya bisa langsung dirasakan.

“Sehingga sasaran tugas pokok pembinaan teritorial (binter) bisa tercapai sesuai harapan,” pungkasnya.

Dilokasi berbeda, Danramil 421-06/Natar Kapten Chb Agus Masgusriyanto mengatakan kegiatan ini merupakan wujud nyata kerja Kemanunggalan TNI dengan masyarakat dalam rangka pengabdian kepada masyarakat guna membantu untuk meringankan beban dan kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat. Kegiatan karya bakti membantu bedah RTLH ini merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI khususnya Komando Kewilayahaan Teritorial dalam hal ini Koramil terhadap masyarakat terutama bagi masyarakat yang kurang mampu.

“Seperti yang dialami oleh salah satu warga masyarakat yang mendapatkan program RTLH, kondisi rumahnya yang tidak layak huni dan anggota Koramil 421-06/Natar khususnya Babinsa berupaya untuk membantu bergotong royong membedah rumah tersebut. Program bantuan ini tentu sangat memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan, pasalnya masih ada beberapa masyarakat yang belum memiliki Rumah Layak Huni yang sesuai dengan standar Perkim.
Kegiatan ini juga memiliki tujuan agar lebih dekat dengan masyarakat dan menjaga hubungan serta memelihara Komunikasi sosial yang selama ini sudah terjalin dengan baik,” tutur Danramil.

Pemilik rumah, bapak Ujang Isak mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Koramil 421-06/Natar atas terlaksananya karya bakti tersebut, semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan motivasi dan semangat kepada warga untuk lebih peduli dengan lingkungan.

“Kami sangat bersyukur bisa terbantu dengan program RTLH ini yang dikerjakan oleh anggota Koramil Natar bersama warga sekitar yang peduli dengan gerakan gotong royong, dan saat ini kegiatan masih berlangsung,” kata dia.

Senada, Kepala Desa Merak Batin, Aldin mewakili warga masyarakat mengucapkan terimakasih kepada bapak Danramil, seluruh anggota Koramil Natar serta Babinsa, yang sudah turut serta membantu membedah rumah warganya.

“Ini adalah bukti TNI selalu datang ke sini dan hadir di tengah-tengah masyarakat, TNI selalu hadir di hati rakyat,” ucapnya.