Komsos, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Sambangi Peternak Kambing di Desa Rulung Helok

Penulis : Heri952

INFOBERITA.ID
Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel, Serda Mujiantoro bersama Bhabinkamtibmas Polsek Natar, Polres Lampung Selatan, Bripka Sandi menjalin komsos bersama pelaku usaha ternak kambing, foto : Heri Indarto

INFOBERITA.ID, LAMPUNG SELATAN – Sebagai aparat Kewilayahan yang mempunyai wilayah binaan, banyak cara yang digunakan dalam menjalin Sinergi antara TNI, Polri dan Masyarakat, salah satunya adalah Komunikasi Sosial (Komsos) merupakan salah satu media Babinsa untuk mengenal warga masyarakat lebih dekat lagi dan sebagai sarana silaturahmi agar dekat dan akrab kepada semua warga masyarakat diwilayah binaan. Komsos juga bertujuan untuk mencari informasi dan mengetahui perkembangan situasi diwilayah binaan.

Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel, Serda Mujiantoro bersama Bhabinkamtibmas Polsek Natar, Polres Lampung Selatan, Bripka Sandi menjalin komsos bersama pelaku usaha ternak kambing, Minarto di Dusun Candirejo RT.11 Desa Rulung Helok Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan.

Babinsa dan Bhabinkamtibmas bersilaturahmi serta bertukar pikiran saling memberikan masukan, semangat dan motivasi ke Minarto selaku pemilik usah ternak agar lebih giat serta menciptakan terobosan-terobosan bagaimana cara sukses dalam beternak.

Banyak masyarakat desa yang menjadikan hewan yang satu ini sebagai primadona binatang ternak selain sapi tentunya, apalagi harga seekor kambing akan mengalami kenaikan yang signifikan manakala musim haji tiba.

Serda Mujiantoro mengatakan, perawatan dan pemeliharaan kambing tergolong gampang-gampang susah, namun untuk lokasi Desa atau perkampungan memelihara kambing memiliki banyak kemudahan karena di kampung masih banyak lahan kosong yang ditumbuhi rumput sebagai makanannya serta bisa menanam rumput kolojono sebagai pengganti rumput.

Untuk itu Babinsa memberikan solusi dengan penambahan makanan konsentrat dan makanan fermentasi yang dapat disimpan serta mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tumbuh kembang kambing , selain itu juga menghimbau kepada pemilik ternak agar selalu menjaga kebersihan kandang agar kambing sehat dan bersih serta tidak menimbulkan bau apalagi kandang dekat dengan pemukiman warga.

“Sedapat mungkin untuk manfaatkan limbah kotoran kambing, limbah tersebut pun dapat digunakan untuk pupuk pertanian yang sangat baik bagi kesuburan tanah sehingga dapat membantu meningkatkan usaha pertanian,” ujarnya, Minggu (2/12/2023).

Dia memberikan saran kepada Bapak Minarto agar memperhatikan pemberian minum air bersih dengan intensitas tertentu guna mengoptimalkan kebutuhan air bagi kambing ternak.

“Pemberian minum sangat berpengaruh terhadap kambing ternak. Kambing yang cukup minum akan meningkatkan nafsu makan, sehingga cukup berpengaruh bagi pertumbuhan kambing ternak,” tukasnya.

Terkait dengan pemberian minum, lanjutnya, perlu ditambah garam secukupnya kira-kira 200 gr/ekor di tiap bulannya, untuk mencukupi kebutuhan mineral bagi kambing ternak.

“Garam yang diberikan pada kambing ternak tidak boleh berlebihan agar tidak meracuni,” pungkasnya.

Pemilik peternakan kambing, Minarto mengucapkan terimakasih kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang telah berkenan menyambangi kandang kambing miliknya. Selain itu, mereka bertukar pikiran dalam proses perawatan hewan ternak serta pemberian pakan yang teratur.

“Alhamdulillah sampai saat ini kambing yang di pelihara sudah berjumlah 50 ekor, semoga kedepannya bisa dapat berkembang biak,” kata dia.