Jaga Kondusifitas Wilayah Binaan, Babinsa Bersama Warga Tingkatkan Ronda Malam

Penulis : Heri952

INFOBERITA.ID
Sertu Ayatul Komaini melaksanakan giat Patroli sambang pengecekan Pos Ronda, foto : Heri Indarto

INFOBERITA.ID-Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel, Sertu Ayatul Komaini melaksanakan giat Patroli sambang pengecekan Pos Ronda di wilayahnya binaannya di Dusun Sidoarjo Desa Negara Ratu Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan.

Giat patroli yang di lakukan dalam rangka menjaga ketertiban dan keamanan guna mencegah adanya aksi kriminalitas maupun ganguan keamanan, Dengan maraknya kriminalitas seperti curanmor, curas, curat dan narkoba, dapat ditekan dengan adanya Poskamling.

Disampaikan Sertu Ayatul Komaini bahwa dalam upaya menjaga situasi yang kondusif, pelaksanaan kegiatan Patroli ke Pos Ronda pada malam ini, untuk memastikan dan melihat kegiatan warga di wilayah terutama yang sedang melaksanakan Siskamling. Dengan harapan, agar masyarakat bisa secara bersama-sama mening katkan keamanan di lingkungan masing-masing, intensifkan Poskamling guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan di lingkungan kampung,

“Sebagai Babinsa bersama masyarakat desa agar dapat terus berkerjasama dalam upaya meningkatkan keamanan lingkungan, kita komitmen mengaktifkan Poskamling di wilayah tugas,” kata Sertu Ayatul Komaini,  Rabu (24/1/2024).

Babinsa juga meminta agar warga meningkatkan keseriusan dalam memfungsikan Poskamling agar terus dijalankan, sebagai fungsi utama pengaman lingkungan, untuk Poskamling di lingkungan ini merupakan bentuk bantuan masyarakat dalam membantu Pemerintahan Desa dan Kepolisian dari berbagai aksi kriminalitas yang mengancam warga,.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini akan lebih memperkokoh persatuan dan kesatuan khususnya di Desa Negara Ratu,” tegasnya.

Dijelaskan olehnya kesiapsiagaan pada malam hari melalui kegiatan ronda malam di masing masing lingkungan sangat penting untuk menjaga dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Jaga malam hari di saat warga masyarakat sedang istirahat adalah suatu hal yang sangat mulia,” terangnya.

Sementara, Danramil 421-06/Natar Kapten Chb Agus Masgusriyanto menyampaikan bahwa kehadiran Babinsa ke pos ronda sudah menjadi tugas dan tanggung jawabnya guna menjalin silaturahmi serta memberikan pesan kepada masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat agar situasi dan kondisi wilayah tetap kondusif.

“Manfaat dari pelaksanaan ronda itu sendiri sangatlah banyak yang di antara pokok intinya adalah menjaga keamanan dari segala macam tindak kriminal. Dengan adanya ronda sebagai upaya antisipasi dalam penanganan masalah yang ditimbulkan karena adanya gangguan keamanan masyarakat dan musibah ataupun adanya bencana alam,” pungkas Danramil.

Dilokasi Pos Ronda Bapak Muharom seorang warga yang sedang melaksanakan ronda malam mengucapkan terima kasih kepada Pak Babinsa yang sudah mengontrol dan mengecek kami dan memberi arahan tentang Kamtibmas.

“Kunjungan Babinsa ke Poskamling atau ke pos- pos ronda malam dapat meningkatkan kemanunggalan TNI dengan warganya dan masyarakat merasa terlindungi dan merasa aman,”ujarnya.